Wali Murid Mengeluh, SMKN 1 Simpang Pematang Terapkan SPP 150 Ribu/Siswa Untuk Bayar Guru Honorer

MESUJI, INTAILAMPUNG.COM Penerapan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang diberlakukan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Simpang Pematang di keluhkan.

Pasalnya, sejumlah wali murid merasa keberatan atas SPP sebesar Rp 150 ribu persiswa perbulan, yang di terapkan oleh pihak sekolah dari mulai kelas 10, 11 dan 12 dengan jumlah 650 siswa – siswi yang harus dilunasi selama satu tahun.

Dari informasi yang dihimpun Intailampung.com, pihak wali murid tidak diberitahukan melalui rapat komite, melainkan wali murid hanya di berikan surat pemberitahuan pembanyaran SPP sebesar 150 ribu/bulan yang diberikan ke siswa. Dimana hal ini diketahui dari program sebelumnya, tanpa ada musyawarah kembali.

“Disini banyak wali murid mengeluh dengan pembayaran SPP sebesar 150 ribu/bulan,” ucap (As) inisial salah satu Wali Murid SMKN 1 Simpang Pematang yang mengeluh dengan pembayara spp tersebut.

Sementara, saat di konfirmasi dikantornya, Kepala Sekolah SMKN 1 Simpang Pematang Tata mengatakan, bahwa kegunaan SPP yang di bebankan ke siswa sebesar Rp 150 ribu/bulan diperuntukan untuk membayar guru honorer.

 

“Kegunaan uang SPP tersebut untuk pembayaran guru honor. Di sekolahan ada sebanyak 20 guru honor dan untuk pembelian kebutuhan di sekolah,” ucapnya.

Namun dilihat dari pantauan lapangan, sampai saat ini, tidak ada perehapan pengecetan sekolahan di SMKN 1 simpang pematang.

Tidak hanya itu saja, bahkan dari pengakuan Tata, siswa juga di bebankan biaya pendaftar peserta didik baru, yang harus dibayar sebesar Rp 850 ribu/perorang.

“Keguanaan untuk pembelian seragam sekolah ucap pak tata, dan seragam yg di dapat yaitu satu setel baju batik, satu setel baju olah raga dan satu setel werpak buat praktek,” terangnya.

  Bupati Loekman Ingatkan Masyarakat Jaga Kerukunan Usai Pilkakam

Bahkan, untuk praktek kerja lapangan (pkl) siswa – siswi SMKN 1 Simpang Pematang pun di bebankan biaya sebesar Rp 1 juta/persiswa untuk kelas 11. (khadaffi).

Baca Juga

LAINNYA