Sekilas SMPN 41 Bandar Lampung

INTAILAMPUNG.COM – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 41 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah unggulan yang berhasil mencetak siswa-siswi berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik.

Sekolah yang didirikan pada 19 Mei 2019 ini telah dilengkapi sarana dan prasarana seperti, mushola, aula, perpustakaan, laboratorium, ruang guru dan Kepala Sekolah, ruang TU, lapangan olah raga merangkap lapangan upacara, parkir dan berbagai sarana penunjang lainya.

Mengulik lebih jauh, saat ini sekolah yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso 4, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung ini memiliki 44 orang tenaga pengajar (3 PNS, 22 P3K dan 19 Honorer) yang bertugas membimbing 633 orang murid yang dibagi dalam 21 rombongan belajar (rombel) atau ruang kelas.

Baca Juga

Selain memberikan pelajaran umum, pihak sekolah juga memberikan pelajaran Ekstra Kulikuler (Ekskul) seperti, pramuka, rohis, futsal, karate, taekwondo, sepak bola dan berbagai cabor lainya.

Karate dan Catur adalah salah satu Ekstra Kulikuler (Ekskul) yang patut dibanggakan pihak sekolah. Lantaran berbagai prestasi mampu ditorehkan siswa-siswinya dalam berbagai ajang lomba yang diikuti. Baik tingkat Kecamatan, kota Bandar Lampung, hingga tingkat Provinsi Lampung.

Teranyar, siswa-siswi SMP 41 Bandar Lampung mampu menjadi Juara 1 Karate tingkat Provinsi Lampung, Juara 1 Futsal tingkat Provinsi Lampung, dan juara 1 U-14 dan U-16 catur tingkat Provinsi Lampung.

“Itu diraih anak-anak di tahun 2023 ini, Alhamdulillah anak-anak tidak hanya fokus di pelajaran umum, mereka juga serius mengikuti ekskul yang diberikan sekolah,” ungkap Kepala SMP 41 Bandar Lampung, Daryanto Hery, S.Pd kepada intailampung.com, Senin (14/08/2023).

Tidak hanya itu, dalam bidang seni budaya dan ketrampilan pun banyak prestasi yang berhasil diraih bahkan hingga tingkat nanasional, contohnya juara 1 LKKB Putri Penggalang serta berbagai prestasi lainya. Ini terlihat dari banyaknya piala yang tersusun rapih dalam lemari penyimpanan milik sekolah. Hal ini dirasa cukup membanggakan mengingat usia sekolah yang tergolong masih amat muda.

  PT GML Kembali Bagikan Sembako Untuk Warga

Menghadapi tantangan globalisasi dan untuk memenuhi kebutuhan maupun tuntutan kurikulum merdeka, dalam menjalankan proses belajar mengajarnya, SMP 41 Bandar Lampung mengusung visi yakni, terwujudnya warga sekolah yang berprestasi dan berakhlak mulia.

Sedangkan misinya, mengupayakan langkah dalam menanamkan nilai pentingnya berdoa, belajar dan bekerja sebagai bentuk ibadah, berusaha meningkatkan akhlak baik warga sekolah, berupaya meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, mengadakan evaluasi terhadsp langkah yang telah dilakukan dalam mengembangkan nilai pentingnya berdoa, belajar dan bekerja sebagai bentuk beribadah, mengadakan tindak lanjut dari evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan langkah yang sudah dilakukan, memperdayakanperan serta semua pihak terlibat sesuai dengan fungsi, tugas dan wewenangnya.

“Kita wujudkan visi misi sekolah dengan Motto Kita Bisa Karena Bersama,” kata Daryanto Hery.

Ia menyebut, selain kebersamaan, sekolah juga mengedepankan kedisplinan dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Kedisiplinan itu, kata Daryanto Hery, dapat dimulai dari hal terkecil, baik disiplin waktu atau disiplin aturan.

“Dengan kebersamaan dan kedisplinan kita optimis dapat mencapai Visi misi sekolah,” ujar Daryanto Hery mengakhiri perbincangan.(*)

Laporan/Editor: Ibrahim Hayat.

LAINNYA