Jelang Pemilu 2024, Polres Tulang Bawang Barat Gelar Deklarasi Damai

INTAILAMPUNG.COM, Tulang Bawang Barat– Wujud nyata dalam menjaga situasi kamtibmas jelang Pemilu 2024 yang serentak dilaksanakan, Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung menggelar Deklarasi Pemilu Damai bertempat di Aula Mapolres setempat Sabtu (23/11/2023) Pukul 10.00 Wib.

Dalam Deklarasi tersebut di Pimpin langsung oleh Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Ndaru Istimawan.,S.I.K., dan dihadiri Pj.Bupati Tulang Bawang Barat Drs. M.Firsada, M.Si, Asisten III , M Rasidi, Kasat Pol PP, Fajril Hikmah S.E, Kadishub, Ahmad Zulkifly, S.Sos.M.T, Plt Ka. Kesbangpol, Mubarok, Kabid Media Kominfo, Deswanto, Sekretaris Camat Tulang Bawang Udik, Mardianto Rahman, S.E, Sekretaris Camat Tumijajar, Wira Piralaga, Yang mewakili ketua kejaksaan Jaksa Fungsional Seksi Intelijen Kejari Tulang Bawang Barat, Yan Bastian Simalongo ,S.H, Ketua KPU Yudi Agusman, S.E. ,Ketua DPRD Tulang Bawang Barat Ponco Nugroho, S.T, yang mewakili Dandim 0412/LU Kapten Inf Latif, dan seluruh Ketua Parpol Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam penyelenggaraan Deklarasi ini Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang Barat menyampaikan komitmen dalam menyikapi situasi Pemilu dengan mematuhi segala peraturan perudang-undangan terkait dengan pemasangan spanduk dan kampanye serta menjaga keamanan dan kenyamanan selama masa Pemilu berlangsung.

Tak lupa juga Kapolres Tulang Bawang Barat menyampaikan bahwa Pelaksanaan Deklarasi Damai ini sebagai wujud nyata dan komitmen pihak Keamanan dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kab.Tulang Bawang Barat dan sebagai bentuk ajakan moral kepada semua pihak dalam menjaga situasi menjelang Pemilu agar tetap kondusif. POLRI akan menjaga netralitas dari proses tahapan awal Pemilu sampai tahapan akhir pemilu tahun 2024, sehingga pesta Demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Baca Juga

“Kata Damai dalam Pemilu Damai, harus kita maknai dengan keberagaman yang ada dan sebagai wadah untuk mempersatukan kita semua. Harapannya agar semua pihak dapat menjadikan Deklarasi ini sebagai wujud persaudaraan dalam Pemilu tahun 2024 di wilayah Kab. Tulang Bawang Barat dan Polri siap mengamankan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan ketentuan yang berlaku” ungkap Kapolres.

  Bakti Kesehatan, Sidokes Polres Tulang Bawang Barat Berikan Pelayanan Gratis ke Warga

“Pemilihan umum merupakan representasi dari sistem demokrasi keterwakilan yang memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi langsung memilih pemimpin atau wakil rakyat untuk menduduki jabatan politik, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional serta Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pemilihan sendiri bertujuan untuk menciptakan sistem pemerintahan yang berlandaskan pada kehendak rakyat dengan menjaga prinsip – prinsip demokrasi, mendorong partisipasi politik warga negara dan memastikan bahwa pemimpin yang terpilih mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat secara luas. Pemilu yang adil, bebas, dan transparan sangat penting dalam menjaga integritas dan legitimasi demokrasi bangsa Indonesia” tambah Kapolres Tulang Bawang Barat.

Akhir kata Kapolres Tulang Bawang Barat menegaskan untuk mewujudkan keteransparaan Pemilu dengan tidak memberikan ruang, waktu dan tempat pada oknum yang tidak menginginkan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di kabupaten Tulang Bawang Barat, harus ada komitmen dari seluruh stakeholder dan unsur yang terkait untuk bersama – sama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusif. Selain itu juga dengan masih maraknya berita Hoax, maka seluruh stakeholder harus bersatu dalam mengcounter sehingga tidak memberikan dampak yang buruk terhadap berjalannya tahapan Pemilu Tahun 2024.(humas_tubaba).

LAINNYA