Damkarmat Tanggamus Catat 52 Kasus Kebakaran 2023 dan 11 Kasus Karhutla 2024

Ket, foto : Kepala Dinas Pemadam kebakaran Tanggamus Alkat Alamsyah. 

INTAILAMPUNG.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Tanggamus mencatat telah terjadi 52 kasus kebakaran selama 2023, titik lokasi terparah terjadi di Kecamatan Pugung.

Dimana peristiwa kebakaran tersebut berada di Pekon Gunung Kasih, Pekon Gunung tiga dan Pekon Banjar Agung Ilir. Terhitung, hanya dalam sepekan lahan perkebunan seluas 85,5 hektare di tiga Pekon tersebut terbakar hebat.

Sementara, periode tahun 2024 angka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Tanggamus tercatat baru 11 kasus.

Baca Juga

Kepala Dinas Pemadam kebakaran Tanggamus Alkat Alamsyah menyatakan, Kecamatan Talang Padang menjadi daerah rawan kebakaran, disusul Kecamatan Gisting dan Kecamatan Kota Agung.

“Mayoritas kebakaran terjadi di daerah pemukiman padat penduduk. Penyebab kebakaran di dominasi karena korsleting listrik dan dari tabung gas,” ujar Alkat, jum’at (17/5).

Dijelaskan Alkat, pihaknya rutin melakukan edukasi mengenai pencegahan kebakaran kepada masyarakat.

“Ya, sosialisasi dan edukasi pencegahan kebakaran selalu kami berikan kepada masyarakat, khususnya di wilayah padat penduduk seperti Kecamatan Talang Padang dan Gisting,” ungkapnya.

Diakuinya, ditengah keterbatasan armada dan jauhnya jangkauan wilayah serta medan yang terjal menjadi salah satu kendala yang dihadapi pihaknya.

“Armada damkar yang ada hanya 5 unit dan 2 unit mobil tangki untuk supply air serta 1 unit mobil rescue yang digunakan petugas untuk melakukan sosialisasi dan bantuan ke masyarakat. Padahal, idealnya kan 1 armada di tiap Kecamatan.

Kemudian, untuk pos damkar pun kita baru ada di 5 Kecamatan yaitu di Kecamatan Talang Padang, Pulau Panggung, Gisting, Kota Agung dan Semaka untuk mengcover kebakaran di 20 Kecamatan,” terang Alkat.

Sadar akan keuangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang kembang kempis, dirinya pun tidak terlalu banyak untuk menuntut agar adanya penambahan armada damkar.

  ABDESI dan DPK Se-Lamteng Dilantik

“Ya, kita mesti mengerti keadaan Pemkab Tanggamus yang belum stabil. Oleh sebab itu, kita akan tetap melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan kemampuan yang kita miliki saat ini,” pungkas Alkat. (Denny).

LAINNYA