Pantai Sabalang Dinilai Kawasan Industri, Edarwan: Seharusnya Pas Untuk Pusat Ekonomi Kreatif

BANDARLAMPUNG —-Pemerintah Provinsi Lampung saat ini sedang berencana melakukan pengkajian tempat wisata pantai sebalang, di Kabupaten Lampung Selatan. Pasalnya wisata yang menjadi antusias masyarakat itu adalah kawasan industri. Maka dari itu saat ini masih dalam kajian untuk dijadikan pusat kuliner atau menjadi kawasan ekonomi kreatif

“Pantai Sebalang itu, secara jujur, bukan kawasan wisata, dia adalah kawasan industri. Selain itu, belum ada juga pembinaan dari Pemerintah provinsi Lampung tetapi itu hanya dilakukan oleh masyarakat sekitar,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edarwan, di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Sebenarnya, pihak pemerintah kabupaten Lampung Selatan telah melakukan upaya-upaya untuk pembinaan ke ranah kawasan industri

“Pemkab Lampung Selatan sudah melakukan pembinaan, mungkin tidak lama lagi, Pemprov Lampung juga akan melakukan pembinaan untuk pantai Sebalang,” ujarnya

Baca Juga

Hal itu dilakukan, menurut Edarwan, sebagian lahan yang ada di pantai Sebalang ada lahan milik Pemerintah provinsi Lampung.

“Terdapat lahan milik Pemprov Lampung, lahan yang digunakan selebar 20 sampai 30 hektar. Namun tidak masalah, karena mereka memang membutuhkan pembinaan juga dari pihak Pemprov Lampung,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya masih dalam proses membuat konsep-konsep untuk menjadi pusat ekonomi kreatif. Bahwa daerah tersebut kemungkinan besar lebih menguntungkan apabila dijadikan kawasan ekonomi kreatif dan UMKM.

“Iya lokasinya pas untuk ekonomi kreatif, karena disitu orang dominannya tempat santai, tempat makan. Kedepannya, kalau pak Gubernur setuju akan kita arahkan menjadi pusat kuliner atau menjadi kawasan ekonomi kreatif,” harapnya.

Edarwan menegaskan, Pantai Sebalang jika untuk dijadikan tempat wisata tanpa ada sektor lainnya maka akan menyalahi aturan. Karena, berdasarkan tata ruangnya memang bukan untuk wisata, tapi untuk kawasan industri kreatif.

  Peringati HKN Ke-54, PWI Pesawaran Galang Donor Darah Bersama PMI

“Kita memfokuskan industri kreatifnya, dalam ekonomi kreatif itu ada 16 sektor. Diantaranya itu saya liat masuk semua, ada musiknya, UMKM kuliner. Kita akan kaji dulu, mau kita arahkan kemana,” pungkasnya (Bo).

LAINNYA