Reihana : Vaksin Sinovac Didistribusikan ke Tiga Daerah di Lampung

BANDARLAMPUNG — Dua hari lagi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan di provinsi Lampung. Berbagai persiapan yang dilakukan Dinas Kesehatan provinsi Lampung, salah satunya dengan mendistribusikan belasan ribu dosis vaksin untuk ke tiga kabupaten kota yang ada di provinsi Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan bahwa ada 14.497 dosis vaksin akan didistribusikan ke tiga kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung, yaitu kota Bandarlampung, Kota Metro dan kabupaten Lampung Selatan

“Hari ini sesuai instruksi dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) kami sudah mendapatkan informasi bahwa nomor EUA sudah keluar berarti vaksin ini sudah bisa di distribusikan, dari tiga daerah itu juga sudah ketetapan dari pusat,” kata Reihana saat dimintai keterangan, Selasa (12/1/2021).

Reihana menjelaskan, adapun tiga kabupaten kota tersebut masing-masing mendapatkan vaksin sebanyak kota Bandarlampung 9.624, Metro 2286 dan
kabupaten Lampung Selatan sebanyak 2.587 vaksin. “Sesuai instruksi kemenkes hari ini hanya ada tiga kabupaten/kota dulu yang di distribusikan. Karena ada perhitungan khusus tentang vaksin,” jelasnya

Baca Juga

Kemudian dia juga menjelaskan, sebanyak 40.520 vaksin yang didapatkan dari pemerintah pusat tidak dilakukan secara serentak. Vaksin tersebut pekan ini akan di suntikan kemudian pelaksanaan lagi dilakukan pada pekan berikutnya. “Jadi bukan berarti 40.520 langsung di habiskan semua,” katanya.

Reihana menegaskan, akan dilaksanakan vaksinasi ini, kepada kabupaten kota yang akan terima harus sudah siap baik dari pelaksanaannya maupun kesiapan mental bagi vaksinator.

“Harus siap karena sudah sering webinar dengan kemenkes dan sudah sering komunikasi,” tegasnya.

Dijelaskan juga dalam pelaksanaannya, terdapat empat tahapan yang harus disiapkan petugas, hal ini dilakukan juga berdasarkan ketentuan yang ada. Adapun meja pertama calon penerima vaksin terlebih dahulu melakukan pendaftaran. Kemudian pada meja kedua petugas medis akan memastikan kembali kondisi serta status kesehatan dari calon penerima vaksin.

  Program Petahana Ridho Berbakti 3,5 Tahun Terbukti Nyata Mampu Tingkatkan Pertanian

Lalu, meja ketiga untuk mendapatkan vaksinasi. Setelah itu, menuju meja ke empat untuk diberikan edukasi sekaligus petugas kesehatan melakukan pengamatan apakah ada efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi (Bong)

LAINNYA