Sistem Informasi Desa, dari ITERA Untuk Kampung Bandar Agung

INTAILAMPUNG.COM – Tim dosen Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan Workshop terkait sistem informasi desa di Kampung Bandar Agung, Kecamatan Terusan Nunyai, Lampung Tengah, Kamis, 4 November 2021.

Dalam kegiatan tersebut, tim dosen yang terdiri dari dosen Program Studi Teknik Informatika ITERA, Mugi Praseptiawan, S.T., M.Kom, Alam Fathurochman, S.T., M.T., Muhammad Iqbal, S.T., M.M., dan Hersa Dwi Yanuarso, ST., MT dari dosen Program Studi Teknik Industri menjelaskan perkembangan teknologi di era digital saat ini dan pentingnya pengelolaan pemerintahan di tingkat Desa/Kampung dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi.

Manfaat teknologi sistem informasi ini dapat dirasakan oleh perangkat desa dalam menjalankan aktivitas pemerintahan desa.

Manfaat yang didapatkan, diantaranya: kemudahan dalam menyimpan data, kecepatan dalam pelayanan kepada masyarakat dan dapat dijadikan media informasi terkait kegiatan kemasyarakatan.

Perwakilan dosen, Alam Fathurochman, S.T., M.T., menyebut kegiatan workshop ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Hibah ITERA tahun 2021.

“Sebanyak 13 peserta yang terdiri dari perangkat Kampung Bandar Agung, Kecamatan Terusan Nunyai, Lampung Tengah, ikut terlibat aktif dalam kegiatan workshop tersebut dan berdikusi bersama terkait pemanfaatan sistem informasi ini untuk mendukung berjalannya kegiatan pemerintahan di Kampung Bandar Agung,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Iqbal juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para peserta dan dapat mendukung program pemerintah yaitu Desa Digital.

“Secara berkesinambungan diharapkan melalui implementasi sistem informasi desa ini warga masyarakat dapat memiliki wadah informasi terkait aktivitas dan kegiatan di lokal wilayah Bandar Agung, serta dapat memperkenalkan produk unggulan yang dihasilkan diwilayah Bandar Agung kepada masyarakat luas ,” ujar Iqbal.

  Karang Taruna Haji Pemanggilan Salurkan Bantuan Logistik Bersama LSM Basmi Ke Posko FPI Untuk Korban Tsunami

Dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Kampung Bandar Agung Slamet Sutopo. Ia menyampaikan, ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas prakarsa para dosen ITERA untuk ikut membangun desa melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

“Semoga kegiatan ini dapat terus dijalin dengan baik sehingga keberadaan kampus ITERA ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas,” ungkpnya.

Untuk diketahui, bahwa Implementasi Sistem Informasi Desa Tak hanya workshop, tim dosen ITERA juga telah mengimplementasikan Sistem Informasi Desa di Kampung Bandar Agung, yang saat ini sudah dapat di akses melalui situs www.kampungbandaragung.com, yang nantinya juga akan dijadikan platform perangkat desa dalam melayani kebutuhan admistratif warga Kampung Bandar Agung.

Alam Fathurochman menambahkan, melalui situs perangkat pemerintahan Kampung Bandar Agung tersebut, dapat diperoleh banyak informasi berupa berita kegiatan, statistik desa, media promosi produk UMKM setempat, layanan administratif kampung dan banyak hal lainnya.

“Dalam workshop tersebut, tim dosen ITERA juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung kemajuan masyarakat yang ada di Kampung Bandar Agung, Kecamatan Terusan Nunyai, Lampung Tengah. Terutama melalui berbagai program kegiatan yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang,” pungkasnya. (rilis/itera).

Baca Juga

LAINNYA