Cegah Kriminalitas di Lamteng, Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya Tekankan Sinergitas dan Soliditas

INTAILAMPUNG.COM  – Guna meningkatkan sinergitas dan soliditas, Polres Lampung Tengah (Lamteng) menggelar apel pagi bersama unsur Pemerintah daerah yakni Dishub, Satpol PP serta Damkar, di Lapangan Apel Mapolres setempat, Senin (11/7/22).

Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya,S.I.K.,M.Si menekankan sinergitas dan soliditas pada saat memimpin apel pagi yang diikuti oleh para PJU, Kapolsek jajaran, seluruh personel Polres Lamteng dan ASN dengan melibatkan unsur Pemerintah Daerah yakni Dishub, Pol PP serta Damkar Lamteng.

“Karena lining sektor kita sama, memelihara kamtibmas dan juga sebagai pelayan, pelindung, pengayom dengan motivasi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, kesejahteraan masyarakat serta ketertiban masyarakat,” ucapnya.

Kata dia, artinya sinergitas itu diperlukan bahkan sangat diperlukan. Dimana Polri khususnya Polres Lampung Tengah selalu siap hadir untuk mendukung Pemerintah Kabupaten. “Kami bersama jajaran Forkopimda sudah sangat solid, kegiatan – kegiatan selalu terintegrasi kapan pun komunikasi mudah,” ungkapnya.

Baca Juga

Sehingga, lanjut kata dia, semuanya bisa saling berkolaborasi, mengisi ruang yang kosong, menutup sela yang terbuka untuk Lampung Tengah ini yang lebih Berjaya.

Kapolres mengungkapkan, dengan meningkatkan sinergitas dan soliditas, berkolaborasi serta berkesinambungan dapat memaksimalkan pencapaian Visi dan Misi sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

‘’Satu suara, Solid, Kompak membuat kelemahan itu menjadi kekuatan untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai serta kondusif diwilayah Kabupaten Lampung Tengah,’’ jelas AKBP Doffie.

Kapolres juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh personel Polres Lampung Tengah dan Polsek jajaran. “Karena Polres kita selalu juara, Pimpinan sangat Bangga, Polres Lampung Tengah selalu menjadi juara, terbukti bahwa kompetensi yg dimiliki personel sudah sangat tinggi,” terangnya.

  Loekman Jadi Yang Pertama Daftarkan Diri Dalam Penjaringan Balonbup di PDIP

“Keraslah kepada dirimu, maka dunia ini akan lunak kepadamu. Artinya Keraslah dalam menempa kemampuan diri, Tingkatkan semangat Kerja, Berbuat sesuai Aturan, Disiplin dan Tidak menunda Pekerjaan,” tegasnya.

Prestasi gemilang yang berhasil diraih Polres Lampung Tengah, kata Kapolres antara lain dalam Operasi Antik kita Ranking 1, Operasi Ketupat, hasil Ungkap kejahatan Jalanan Ranking 1, Operasi Sikat Ranking 1.

Lebih lanjut Pertandingan Bola Kapolda Cup dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara juara 1,lomba 3 Pilar Kamtibmas se Jajaran Polda Lampung Rangking 1,lombaStand Bazaar pasar murah Bhayangkari Polres Lampung Tengah yang diikuti oleh antar Polres se-jajaran Polda Lampug juga meraih juara 1 serta keberhasilan ungkap kasus pembunuhan berencana di Bekri dengan waktu singkat dan cepat.

“Tidak ada pimpinan yang hebat melainkan hanya ada tim yang kuat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga bicara soal Restorative Justice. Dimana erdapat asas hukum pidana yang ditekankan oleh Bapak Kapolri yaitu Ultimum Remedium (penegakan hukum adalah upaya paling akhir), sehingga penyelesaian masalah mengedepankan Restorative Justice.

“Restorative Justice (keadilan restoratif) kesepakatan bersama, musyawarah, saling memaafkan sehingga dapat memberikan rasa keadilan yang seimbang bagi seluruh masyarakat,’’ tambahnya.

Pendekatan Restorative justice digunakan jika perkara memenuhi syarat-syarat tertentu sebagaimana diatur dalam sejumlah Surat Edaran dan Telegram Kapolri.

Kemudian menindak lanjuti perintah Pimpinan kepada jajaran, Kapolres menekankan seluruh personel Polres maupun Polsek jajaran untuk melakukan patrol skala besar dengan melibatkan Instansi terkait.

“Lakukan Patroli Skala untuk mencegah aksi kriminal seperti Curas, Curat, Curanmor, Premanisme, Narkoba, Balap liar atau Genk Motor dan lainya. Karena siapapun yang berjiwa penjahat, pasti akan memusuhi Polisi,’’ pungasnya. (red)

LAINNYA