Pemdes Baru Ranji Tegaskan Pembuatan Surat Menyurat Gratis, Warga Hanya Diminta Lengkapi Berkas

Ket Foto: Kepala Desa Baru Ranji, Misnandri saat melayani warga yang akan mengurus pembuatan akte jual beli dan sporadik, Senin 8 Mei 2023.

INTAILAMPUNG.COM Kepala Desa Baru Ranji, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan, Misnandri menegaskan, bagi warganya yang mengurus surat menyurat seperti KTP, KK, Akte Kelahiran, dan BPJS Kesehatan tidak dipungut biaya alias gratis.

Tidak hanya itu, sejumlah warga yang mendapat bantuan bedah rumah pun digratiskan pembuatan akte jual beli tanah sekaligus sporadiknya.

“Alhamdulillah, kami tidak pernah memperlambat masyarakat dalam pembuatan surat menyurat, dan yang jelas semua gratis, bahkan bagi warga yang ingin menggunakan Ambulan pun gratis, minyak maupun sopir ditanggung Kepala Desa,” tuturnya, Senin (08/05/2023).

Baca Juga

Selain itu, Misnandri juga memastikan tidak ada staffnya atau oknum yang bermain di lingkungan Pemdes Baru Ranji.

“Tidak ada calo atau oknum-oknum yang bermain, kalau ada oknum dan bukti akan kita proses, Ahamdulillah selama ini memang tidak ada warga yang mengeluhkan dimintai uang dalam mengurus surat menyurat,” urainya.

Misnandri juga mengimbau setiap warga ketika mengajukan KTP, KK, Akte Kelahiran, dan BPJS harus melengkapi persyaratan, supaya dalam pembuatannya tidak ada kendala.

“Dalam pembuatanya diharapkan masyarakat melengkapi syarat yang dibutuhkan, agar tidak ada permasalahan ketika ingin membuat,” ucapnya.

Ditemui di kantor Desa Baru Ranji saat mengurus pembuatan akte jual beli, Reni Apriani (30), warga RT 02, Dusun Ranji mengaku senang karena digratiskan Pemdes. Ia pun berterima kasih atas kebijakan dari Kepala Desa yang juga menggratiskan pembuatan sporadik.

“Ya seneng pak, kebetulan saya dapet program bedah rumah dan harus mengurus akte jual belinya. Alhamdulillah digratisin juga sporadiknya. Terima kasih Pak Kades,” celotehnya.

  Ratusan Jamaah Antusias Peringati Maulid Nabi di KTKBM Pelabuhan Panjang

Sementara itu, Wakil Ketua BPD Baru Ranji, Ahmad Rifai mengapresiasi Pemdes Baru Ranji yang telah menggratiskan berbagai pembuatan surat menyurat. Menurut dia hal itu amat membantu warga, apalagi bagi warga kurang mampu di Desa Baru Ranji.

“Tentu kita apresiasi, karena memang yang dibutuhkan warga sosok pemimpin yang peduli terhadap mereka,” tuturnya. (*)

Laporan: Gisella Valentina.
Editor: Ibrahim Hayat.

LAINNYA