Dinkes Lamsel Verifikasi 5 Pilar di Merbau Mataram

INTAILAMPUNG.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan (Lamsel) melakukan verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Merbau Mataram, sebelumnya dilakukan pembagian tim verifikasi STBM di Gedung Serba Guna, Desa Merbau Mataram, Kamis (19/01/2023).

Verifikasi dimulai dengan pembagian tim oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Masing-masing tim terdiri dari dua orang. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi ke desa yang ada di Kecamatan Merbau Mataram, yakni, Tanjung Baru, Merbau Mataram, Suban, Tri Harjo.

Masing-masing desa diverifikasi oleh tim dari kabupaten dengan mengambil sampel dari beberapa rumah di setiap dusun.

Baca Juga

Hal yang diverifikasi meliputi lima pilar STBM yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dan pengelolaan air minum makanan rumah tangga. Ditambah pengamanan limbah cair rumah tangga.

Usai tim verifikator mengunjungi masing-masing desa lalu dilanjutkan rekapitulasi hasil verifikasi lima pilar STBM.

“Sebelum STBM ini, dua tahun lalu ada verifikasi open defecation free (ODF). Apalagi cuci tangan pakai sabun sampai saat ini masih berlangsung pelaksanaannya. Apalagi saat pandemi, menjadikan masyarakat terbiasa cuci tangan pakai sabun,” ujar Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo, S.KM.

Lebih lanjut, Heri berharap melalui verifikasi STBM itu bisa mengubah perilaku masyarakat. Terutama untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Demikian pula dengan pengelolaan air minum, sampah hingga limbah cair rumah tangga. Menjadikan masyarakat akan terbiasa hidup bersih dan sehat.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim Dinkes yang memverifikasi lima pilar STBM. Tentunya bisa menyehatkan warga,” ucapnya.

Verifikasi di Desa Tanjung Baru

Terpisah, di Desa Tanjung Baru tim verifikasi ditemani Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf, Ketua TP PKK Tanjung Baru, Awang Andriani, Ketua LPM, Nur Yanih, S.pd,I Ketua Kader, Katijah, KPM, Junariah, Kadus dan puluhan kader menyambangi rumah warga di sejumlah dusun.

  Warga Sidosari Natar Keluhkan Jalan berlubang dan Jembatan yang Hampir Ambruk, Sekda Segera Diperbaiki 

Verifikasi dilakukan dengan melihat bagaimana warga melaksanakan pilar ke 2, 3 dan ke 5 kesehariannya.

Hasilnya, tim verifikasi menyatakan untuk pilar ke 2, 3 dan 5 di masyarakat sudah bagus, namun tetap harus ditingkatkan.

“Untuk pilar ke 2, 3, dan 5 sudah bagus, namun jangan terlena harus tetap ditingkatkan,” kata Nita Sulistiana S.KM, salah seorang tim verifikasi Dinkes Lamsel.

Dikesempatan itu, Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf mengungkapkan, jika kerja masyarakat Tanjung Baru tidak hanya sampai menerima verifikasi lima pilar STBM saja. Tetapi masih ada kesinambungan untuk menyambut tahun Indonesia Emas 2045.

“Harapannya lahir generasi-generasi sehat dan sudah dimulai dari STBM ini. Terima kasih kepada tim verifikator dan masyarakat Tanjung Baru yang telah berkolaborasi. Harmonisasi seperti saat ini bisa melanjutkan untuk mewujudkan Tanjung Baru yang sehat,” pungkasnya.(*)

Laporan : Nur Yanih, Sopian LNMS
Editor : Ibrahim Hayat

LAINNYA