Pentingnya Wawasan Ideologi Pancasila Bagi Pelajar

INTAILAMPUNG.COM Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, SH. MH., melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dengan tema “Pancasila Sebagai Penjamin Pendidikan Yang Berkualitas” yang diikuti oleh siswa siswi dari SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, serta SMA Negeri 1 Terbanggi Besar, bertempat di aula SMAN 1 Terbanggi Besar, Jumat (16/06/23)

Mingrum Gumay mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila Kepada para siswa siswi sekolah menengah atas ini agar kedepannya para siswa memiliki pemahaman serta wawasan yang luas tentang ideologi Pancasila.

“Pada prinsipnya ini kegiatan ini bukan hanya mensosialisasikan ideologi Pancasila memberikan pengertian, pemahaman dan wawasan kepada para siswa siswi ini tentang berbangsa, bernegara dan bermasyarakat tentang toleransi, karakter bangsa, kepribadian, budaya dan adat istiadat,” ungkap Mingrum Gumay.

Baca Juga

Menurut ketua DPRD provinsi Lampung ini sosialisasi mengenai ideologi Pancasila ini sangat penting dilakukan kepada para pelajar mengingat karena Pancasila adalah ideologi dari bangsa Indonesia.

“Ini sangat penting sekali di lakukan karena Pancasila adalah ideologi Negara, justru dengan adanya Pancasila yang menyatukan kita dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Nias sampai pulau Rote, keberagaman Suku, Agama dan Ras dan juga status sosial yang ada,Dan tanpa adanya Pancasila negara ini akan runtuh,” tegasnya.

Di tambahan oleh Mingrum,tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan generasi muda yang siap menjadi pemimpin di masa depan.

“Pertama adalah untuk membentuk kepribadian mereka dan mempersiapkan diri mereka dalam rangka bermasyarakat juga untuk menjadi seorang pemimpin baik tingkat Daerah, Nasional, maupun internasional. Karena kita yakin apapun bentuknya kita punya jati diri sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai ideologi, majemuk dan beragam,” imbuhnya.

  Bupati Loekman Ingatkan Masyarakat Jaga Kerukunan Usai Pilkakam

Ditengah maraknya aksi brutal anak remaja geng motor yang terjadi akhir-akhir ini, Menurut Mingrum Gumay sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila ini sangat penting di lakukan.Dan persoalan itu menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, serta instansi lainnya untuk memberikan solusinya untuk mengatasi kenakalan remaja.

“Beberapa waktu lalu Kita bersama dengan jajaran TNI dan polri serta pemerintah daerah telah melakukan sosialisasi. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik itu dalam lingkup sekolah maupun diluar sekolah. Pada prinsipnya apabila anak anak memiliki aktivitas dan kreativitas tugas kita bersama untuk memberikan saluran kepada mereka, misalkan anak anak itu punya hobi di kendaraan bermotor kita carikan solusi,dengan mencarikan tempat dan fasilitas untuk trek motor dan bisa mengikuti lomba, siapa tahu dari salah satu anggota kelompok geng motor itu bisa berprestasi, jadi kita jangan hanya melihat sisi negatifnya saja tetapi juga sisi positifnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Haryono, Spd. Mpd., menyambut baik kegiatan ini dan diharapkan dapat menjadi filter bagi siswa siswi dan juga penyemangat untuk menyongsong masa depannya.

“Kamu mengucapkan terima kasih sekali kepada Bapak Ketua DPRD provinsi Lampung, Bapak Mingrum Gumay, yang telah memberikan wawasan ideologi Pancasila kepada para siswa siswi ini, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi filter bagi siswa siswi dan juga penyemangat untuk menyongsong masa depannya. Sebab anak anak ini merupakan penerus estafet kepemimpinan di masa datang,” tutup Haryono. (zdk)

LAINNYA