10 Bus Antar Kepulangan 393 Jemaah Haji Kloter 06 Lamteng

Ket,Foto: Jemaah haji pertama kloter 06 Lamteng tiba dengan 10 Bus di kediaman Rumah Dinas Wakil Bupati Lamteng. (Foto, Redaksi). 

INTAILAMPUNG.COM – Pemulangan jemaah haji pertama kloter 06 Lampung Tengah (Lamteng) tiba dengan 10 bus, dan disambut langsung Pemerintah Kabupaten Lamteng di Rumah Dinas Wakil Bupati, yang berlokasi di depan Taman Tugu Canang, Gunung Sugih, Senin (24/06/2024).

Mewakili sambutan Bupati Lamteng H. Musa Ahmad, S.Sos., yang tidak hadir, Asisten III Drs. Eko Dian Susanto menyampaikan, permohonan maaf atas ketidak hadirin Bupati Lamteng, dalam penyambutan kepulangan jemaah haji kloter 06.

“Karena beliau juga menunaikan ibadah haji dan belum kembali, maka tidak bisa hadir. Insyaallah Kamis depan 27 Juni 2024, Bupati Musa Ahmad sudah pulang dan hadir di tengah-tengah kita, dan bisa kembali memimpin Kabupaten Lamteng ini,” kata Eko.

Baca Juga

Eko mengatakan, bahwa atas nama pemerintah Kabupaten Lamteng dan atas nama pribadi, Bupati Musa Ahmad mengucapkan selamat datang dan selamat kembali ke tanah air, kepada seluruh jemaah haji di Kabupaten Lampung Tengah.

Ket,Foto : Asisten III Drs. Eko Dian Susanto, menyampaikan sambutan Bupati Lamteng. 

“Saya sangat bahagia dan bersyukur, sore ini dapat menyambut seluruh jemaah haji, yang telah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji ditanah suci. Semoga seluruh jemaah haji menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” ucap eko, menyampaikan sambutan Bupati.

Eko menambahkan, Pemerintah Kabupaten Lamteng juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh instansi terkait dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang telah bekerjasama mensuksekan jalanya ibadah haji.

“Saya ucapkan terima kasih pada instansi terkait dan PPIH yang telah bekerjasama menyukseskan pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 dari proses pemberangkatan sampai pemulangan, hingga berjalan dengan baik dan lancar,” tuntasnya.

  Dinilai Rugikan Nama Instansi dan Gabpeknas, Ini Sikap Tegas Agustam Selaku Ketua Gabpeknas Lamteng Terhadap A.Cahyadi

Dikesempatan yang sama, Ketua Rombongan Kloter 06 Lamteng Dr. H.Hausir, M.Pd.I., mengungkapkan, bahwa jumlah keseluruhan jemaah haji Kloter 06 Lamteng sebanyak 393 jemaah.

“Dari pemberangkatan membawa sebanyak 388 jemaah haji, ditambah imam dan petugas kloter, seluruhnya berjumlah 393 jemaah dan petugas,” jelas Hausir.

Hausir mengatakan, bahwa dari jumlah kloter 06 yang berjumlah 393 jemaah, seluruhnya pulang ke tanah air dengan selamat dan sehat. “Sesuai moto kami berangkat 393 jemaah pulang juga harus 393 jemaah dengan menyandang predikat haji mabrur dan mabruroh, amin, yarabal alamin,” ucap Hausir.

Hausir menyampaikan, bahwa kloter 06 jemaah haji asal Lampung Tengah merupakan pemberangkatan yang ke dua, di Provinsi Lampung dan yang pertama di Kabupaten Lamteng.

“Kami ucapan terimaskih, kepada Pemda Lamteng, Kemenag, Forkopimda, serta seluruh jemaah dan panitia haji, sehingga pelaksnaan ibadah haji berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Tengah H.Maryan Hasan, S.Ag., M.Pd.I., bahwa, seluruh jamaah haji pertama yang tergabung dalam kloter 06 Lampung, yang telah dipulangkan ke Lampung Tengah berjumlah 393 orang jemaah haji.

“Alhamdulilah semua sehat dan bisa kembali ke keluarganya masing-masing. Adapun jemaah haji yang pilek, kecapean, menjadi hal yang wajar, kerena perjalanan jauh. Yang jelas semua jemaah dalam kondisi sehat dan baik,” ucapnya.

Maryan Hasan menjelaskan, bahwa untuk kloter ke dua, ketiga, dan keempat akan menyusul dalam waktu dekat. “Pemulangan kloter ke dua direncanakan pada tanggal 4 Juli 2024. Kemudian, kloter ke tiga 5 Juli 2024, dan kloter ke empat 9 Juli 2024,” jelasnya.

Adapun untuk pengambilan koper besar, tambah Maryan Hasan, bisa dilakukan besok pagi 25 Juni 2024 di Kantor Kemanag Kabupaten Lampung Tengah saratnya dengan menunjukan paspor. “Boleh diwakili keluarga dengan syarat membawa paspor atau gelang cincin tanda pengenal dari jemaah yang bersangkutan,” terangnya.

  Selain Diperiksa Kepolisian, Burdin Acap Kali Curhat Nombok Add Ke Warga

Ket,Foto: Darti jemaah haji asal Poncowati Lamteng, saat mengutarakan rasa haru dan bahagianya bisa pulang kembali dari Ibadah haji. 

Dilain kesempatan yang sama, masih dalam Pemulangan jemaah haji, Darti Prihatin jemaah haji asal Poncowati Lamteng, mengungkapkan rasa bahagianya bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci bersama suaminya.

“Ibadah haji ini sudah lama saya tunggu, sudah 12 tahun yang lalu, rasanya tidak bisa dibayangkan. Bahagia sedih, haru campur baur jadi satu. Sehingga yang keluar hanya air mata, air mata mengalir terus tanpa bisa dibendung,” kata Darti.

Darti pun juga mengungkapkan, rasa bahagianya bisa pulang dari tahan suci dan kembali ke tanah air di Kabupaten Lampung Tengah.

“Tentu, saya sangat senang sekali sudah bisa pulang dan diberikan kesempatan diusia saya yang sudah mencapai 70 tahun ini, masih bisa menjalankan hukum wajibnya disana,” ucap Darti dengan nada haru.

Sebab, tambah Darti, momen ibadah haji tersebut, sudah sangat ia nanti nantikan bersama suami. “Karena tahun lalu ketumbur Covid, tidak bisa berangkat, seharusnya 2022 sudah berangkat. Alhamdulillah kami sangat bersyukur, tahun ini kami bisa menunaikan ibadah haji,” tutupnya.

Laporan: Redaksi Intailampung.

LAINNYA