Smart, Begini Cara Sumarsono Membangun Kedaulatan Pangan 

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Anggota DPRD Lampung Tengah Sumarsono, rencananya akan me-launching SMK-Mart Pertanian di SMK Nurulqodiri, Gayau Sakti, Kecamatan Seputih Agung, Lamteng, Sabtu (30/03/2019).

Launching tersebut menjadi salah satu upaya wakil rakyat Lampung Tengah itu, dalam melestarikan kedaulatan pangan di Bumi Beguwai Jejamo Wawai.

Ditemui di sela persiapannya untuk me-launching SMK-mart, Wakil Ketua Komisi II DPRD Lampung Tengah ini mengungkapkan, kegiatan tersebut akan mengundang 700 peserta, yang terdiri dari siswa SMP, siswa SMK dan SMA, serta tokoh masyarakat.

“Ini semangat kita. Kita mendukung dan menyambut program pemerintah perihal kedaulatan pangan. Kalau Sumber Daya Manusianya tidak disiapkan sejak dini, dari mana hal itu bisa diwujudkan,” kata Sumarsono.

Kekhawatiran Sumarsono soal edukasi informal dalam bidang pertanian, bukan tidak beralasan. Dimana dari setiap kunjungan kerjanya ke tengah masyarakat, banyak ditemukan petani yang belum dapat memaksimalkan pengelolaan hasil tanamnya.

“Termasuk cara bercocok tanam yang baik seperti apa, lalu apa saja hal yang dapat dilakukan petani pasca-panen, dan juga meningkatkan nilai dari hasil panen itu sendiri,” paparnya.

Dilanjutkan Sumarsono, tujuan di-launchingnya SMK-mart adalah untuk menarik minat masyarakat agar mengenal lebih jauh apa itu SMK Pertanian, sehingga para orang tua atau wali murid yang tinggal di sekitar sekolah itu nantinya memilih SMK Pertanian untuk tempat anaknya menimba ilmu pengetahuan formal.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat, dan keberadaan SMK-mart tersebut nantinya dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat sekolah dan lingkungan di sekitar sekolah itu sendiri,” tandasnya. (Uya/intai).

Baca Juga

LAINNYA