Bangka Akan Gelar Triathlon Untuk Tarik Wisatawan

Bangka akan gelar Triathlon untuk tarik wisatawanBupati Bangka, Mulkan (babel.antaranews.com/kasmono)

INTAILAMPUNG.COM – Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimis even “Sungailiat Triathlon” akan mampu meningkatkan wisatawan berkunjung di daerah itu.

“Saya optimis even Sungailiat Triathlon 2019 yang dijadwalkan pada 15 Juli 2019 mampu meningkatkan jumlah wisawatan baik dalam negeri maupun wisawatan mancanegara berkunjung ke wilayah Kabupaten Bangka,” katanya di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan, Sungailiat Triathlon yang menjadi agenda tahunan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata baik wisatawan nusantara maup mancanegara untuk menikmati keindahan objek wisata.

“Meskipun diakui karena berbagai hal, jumlah peserta Triathlon tahun ini tidak sebanyak dibandingkan tahun sebelumnya, namun tidak mengurangi dari kemeriahan dan semangat pemerintah daerah mempromosikan pariwisata,” katanya.

Dia mengatakan, pengembangan pariwisata menjadi sektor yang terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka karena sektor itu menjadi harapan besar berkelanjutan yang mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Potensi objek wisata di Kabupaten Bangka hampir menyeluruh terdapat di wilayah desa dan mampu memberikan konstribusi baik langsung kepada masyarakat setempat maupun ke pemerintah daerah,” ujarnya.

Peserta Triathlon dari mancanegara diyakini bupati akan menyampaikan keindahan objek wisata di Kabupaten Bangka ke negara asalnya.

Tahun ini merupakan tahun penyelenggaraan ke-7 Sungailiat Triathlon. Sesuai rencana ada tiga kategori yang dilombakan, yakni “Long Distance” atau renang menempuh jarak 1,9 km, bersepeda sejauh 90 km serta lari dengan jarak 21,1 km.

Kemudian kategori “Standart Distance” yakni berenang dengan jarak 1,5 km dan bersepeda sejauh 40 km serta lari dengan jarak 10 km, kemudian kategori “Sprint” yakni berenang dengan jarak tempuh sejauh 750 meter, bersepeda sejauh 20 km dan lari sepanjang 5 km.

  42 Parade Ogoh-Ogoh Sambut Perayaan Hari raya Nyepi di Lamteng

Lintasan obyek wisata yang akan dilalui dalam rute, yakni Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung dan Pantai Air Anyir serta Pantai Teluk Uber. Lintasan lomba menonjolkan keindahan alam yakni area yang diusulkan menjadi KEK Pariwisata di Kabupaten Bangka.

Sumber: Kantor Berita Antara