Polres Lamteng Siapkan 1.082 Personil Antisipasi Rawan Konflik Saat Pilkakam

Kapolres Lampung Tengah AKBP I Made Rasma, S.Ik, M.Si didampingi Bupati Loekman mengecek perisan personil gabungan TNI/Polri dalam pengamanan Pilkakam 2019, di Lapangan Mapolres Lampung Tengah, Rabu (06/11/2019).

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM –  Polres Lampung Tengah menggelar apel pasukan pengamanan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam), serentak di 167 Kampung 28 Kecamatan Se-Kabupaten Lamteng. Guna mencegah terjadinya konflik sosial saat Pilkakam berlangsung.

Apel gelar dan pergeseran pasukan dalam pengamanan Pilkakam 2019 di laksanakan pada pukul 08:00 WIB, di pimpin langsung Kapolres Lampung Tengah AKBP I Made Rasma, S.Ik, M.Si  di Lapangan Mapolres Lampung Tengah, Rabu (06/11/2019).

Kapolres Lamteng I Made Rasma, mengatakan, bahwa kegiatan pengamanan Pilkakam serentak melibatkan sebanyak 1082 personil, dari TNI Kodim 0411 Lampung Tengah 60 Personil, Bko Brimobda Lampung 100 Personil, Bko Ditsamapta Polda Lampung 100 Personil, Bko Polres Lamut 30 Personil, Bko Polres Lamtim 49, Bko Polres Pesawaran 30 Personil, Bko Polres Metro 70, Bko Dit Krim Um 10 Personil dan Tim Monitoril Dit Itelkam 67 Personil.

“Serta Personil Polres Lampung Tengah yang melaksanakan Pam Tps, di 28 Kecamatan, siaga Sabhara 566 Personil. Dan Personil TNI, Brimobda, Polres dibagi 3 Rayon A, B dan C untuk distambykan di tiga Rayon A, B dan C yaitu Barat, Tengah dan Timur supaya mudah untuk digerakkan,” kata Kapolres.

Jumlah TPS dalam Pilkakam serentak sebanyak 193 TPS. Dari jumlah TPS yang ada 145 TPS biasa, 26 TPS rawan dan 22 TPS sangat rawan. Personil yang kita tempatkan di TPS berfariasi sesuai dengan tingkat kerawanan.

“Saya minta personil mempersiapkan diri mulai dari fisik, mental, jati diri secara profeisonal, moderen dan terpercaya, untuk pelayan masyarakat, serta penegakan hukum yang jujur, adil transparan dan akutabel,” terangnya.

Jika terdapat deteksi analisa inteljen yang memperkeruh situasi kantibmas ada peningkatan suhu politik lokal yang memunculkan potensi kerawanan seperti politik identitas, itimidasi, politik uang (money politic), hoax dan hate speech, penyebaran isu sara yang dapat memecah belah persatuan dan berpotensi menimbulkan konflik sosial, segera laporkan.

  Resmi Dilantik, Loekman Sampaikan Pidato Politiknya Dihadapan Anggota DPRD Lamteng

“Laporkan perkembangan situasi kepada pimpinan secara berjenjang, hindari tindakan arogan, pelanggaran serta bersikap netral tidak berpihak pada salah satu calon semoga Pilkakam 2019 diwilayah Lampung Tengah dapat berjalan aman damai dan Sejuk,” jelasnya.

Pedomi aturan Perundang undangan serta SOP yang berlaku. Serta berkordinasi dengan Camat, Danramil dan Kapolsek dan tokoh masyarakat dan berkoordinasi dengan petugas TPS dan Linmas yang menjadi patner dalam melaksanakan pengamanan TPS.

“Pesta Demokasi Pilkakam Serentak 2019, ajang demokrasi untuk memilih pemimpin di kampungnya agar dapat mewujudkan diwilayahnya aman, maju, adil dan sejahtera serta Lampung Tengah agar menjadi Lumbung Pangan. Maka semua personil harus bisa melakukan pengamanan hingga kontestasi pilkakam di Lamteng selesai,” pinta kapolres.

Kapolres berpesan kepada personil yang melaksanakan pengamanan dipinta untuk mengenali tokoh masyarakat, agama, dan pemuda. “Berikan rasa tenang kepada warga masyarakat sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lamteng Loekman Djoyosemarto, S.Sos., mengatakan, bahwa kontestasi Pilkakam di Ikuti 167 Kampung serentak di 28 Kecamatan Se-Kabupaten Lamteng. Ada satu Kampung Sumber rejeki yang masih adanya Permasalahan yang belum tuntas. Jumlah calon kakam yang mengikuti kompetisi sebanyak 569 calon.

“Saya berharap personil gabungan yang terdiri dari tni/polri mampu mwnjaga situasi dan kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Kabupaten Lamteng. Sehingga gelaran kontestasi pilkakam serentak yang di selenggarakan 7 November 2019 di Lamteng dapat berjalan aman, damai dn sejuk,”  jelasnya.

Hadir dalam kegiatan apel gelar dan pergeseran pasukan 2019, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, S. Sos, Danyon B Brimobda Lampung AKBP Bambang Yudo, Dandim 0411/LT yang diwakili Pabung Mayor Bagus, Kajari Gunung Sugih, Staf ahli bupati, Asisten, pejabat eselon II dan II, Danramil di wilayah Lampung Tengah dan Kapolsek jajaran Lampung Tengah. (tim/intai).

  Presiden Jokowi dan Gubernur Ridho Resmikan Jalan Tol Lampung dan Dermaga Eksekutif