Tanggul Way Tipo Jebol, Bupati Loekman Respon Cepat Perbaiki Dengan Gotong Royong

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Akibat luapan air sungai, Tanggul Way Tipo di Kampung Kedatuan, Kecamatan Bekri Lampung Tengah jebol.

Akibatnya ratusan hektar sawah warga terancam tidak dapat dialiri air dari sungai Way Tipo. Masyarakat yang cemas akan dampak jebolnya tanggul Sungai Way Tipo pun melapor ke Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, S.Sos. agar mendapat solusi dan perbaikan.

Dari laporan masyarakat ini pun, Bupati Loekman yang di juluki sebagai bupati gotong royong langsung sigap dan merespon keluhan masyarakat.

Tepat pada Kamis (9/1/2020), Bupati Loekman beserta jajaran langsung memuju lokasi melakukan gotong royong melakukan perbaikan sementara bersama warga setempat.

“Tepat pada Rabu (8/1/2020) kemarin, kita mendapatkan laporan adanya tanggul jebol dari sejumlah masyarakat. Hari ini kami langsung ke lokasi, dengan jajaran Dinas Pengairan dan Bina Marga. Kita lakukan gotong royong bersama masyarakat untuk menutup tanggul yang jebol,” ujarnya.

Untuk selanjutnya nanti kita turunkan Tim untuk mengecek kerusakan Tanggul tersebut, untuk kita prioritaskan di anggaran tahun depan.

“Insyaallah kita akan lakukan perbaikan yang lebih baik. Untuk sementara kita timbun dengan tanah dan Bronjong, mengunakan alat Berat,” jelas Loekman.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Pengairan Haris Fadillah mengatakan, bahwa, Tanggul Way Tipo rusak dibagian kanan kiri ini, akibat hujan Lebat beberapa waktu lalu. Akibat air meluap sehingga tanggul jebol karena tidak kuat menahan luapan air sunggai.

“Untuk sementara kita lakukan penimbunan sementara, dengan mengunakan alat berat. Sebab, bila tidak kita timbun, ratusan hektar sawah tidak bisa mendapatkan Air dari Bendungan Way Tipo. Insyaallah tahun depan akan kita anggarkan,” pungkasnya. (Adv).

Baca Juga

LAINNYA