DPRD Lamteng Jadi Rujukan Bapemperda DPRD Pandeglang Dalam Penyusunan Prolegda 

INTAILAMPUNG.COM – DPRD Kabupaten Lampung Tengah menjadi rujukan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, dalam penyusunan Program Legislasi Daerah (Prolekda) guna merancang pembentukan Peraturan Daerah (Perda).

Bapemperda DPRD Pandeglang, memandang Kabupaten Lampung Tengah mumpuni dalam menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga terbentuk menjadi Perda.

Wakil Ketua Bapemperda DPRD Pandeglang Yangto, SH., MH., mengatakan, bahwa sepanjang 2019 Kabupaten Lampung Tengah telah mengesahkan sebanyak 13 Perda setiap tahun. Hal ini yang menjadikan pihaknya tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Lamteng.

Ia menilai, hal ini sangat penting dipelajari mulai dari penyusunannya, mensosialisasikan kepada masyarakat hingga terbentuk Perda.

“Lampung Tengah sangat luar biasa karena hampir setiap tahun 13 Perda bisa di selesaikan. Karena dewan inikan terlihat kualitasnya dari penyusunan raperda – raperda yang efektif dan prorakyat,” ucapnya.

Yangto menyampaikan, sangat mengapresiasi DPRD Kabupaten Lamteng, karena anggota dewannya sangat progresif. Dan bisa menyelesaikan perda – perda yang sangat banyak.

“Bahkan hampir satu bulan satu Perda di hasilkan oleh DPRD Lamteng. Dan tadi kami juga sudah membawa empat draf – draf raperda dari Lamteng, dan mudah mudahan di 2021 kedepan kita bisa mengambil ilmunya di sini untuk perbaikan perda yang dibutuhkan masyarakat Pandeglang,” jelasnya.

Yanto mengungkapkan, sangat takjub dengan DPRD Kabupaten Lamteng. Sebab, dari hasil diskusi dan berbagi ilmu serta informasi bersama, Bapemperda DPRD Lamteng nya jalan.

“Dari pemaparan tadi, kita takjub dengan Bapemperda DPRD Lamteng. Karena tahun 2019 saja sanggup menyelesaikan 13 Perda. Itu artinya Bapem Perda DPRD jalan. Sementara terkait sosialisasi, tadi juga diungkapkan kalau disini dilakukan oleh komisi, meskipun itu bisa dilakukan perorangan anggota DPRD. Pada prinsipnya sah-sah saja, selagi tidak menabrak aturan,” jelasnya.

  Pjs Bupati Adi Erlansyah Paparkan R-APBD Lamteng 2021

Dalam keaempatan yang sama Wakil Ketua II DPRD Lamteng Firdaus Ali, didampingi Anggota Fraksi Partai Demokrat Toni Sastra Jaya menjelaskan, DPRD Kabupaten setempat menjadi rujukan pembentukan dan implementasi Perda bagi kabupaten/kota lain di Indonesia.

“Sebuah kebanggaan, DPRD kita beberapa kali menjadi rujukan DPRD kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Tentunya ini sebuah kehormatan bagi daerah kita,” ujarnya.

Dengan referensi perkembangan prolegda di Lampung Tengah, menurut Firdaus, hal tersebut berimbas pada framing kinerja DPRD setempat di kancah nasional.

“Dari diskusi tadi, meski belum sempurna, mudah-mudahan apa yang didapat dari DPRD Lampung Tengah, bisa diimplementasikan di Kabupaten Pandeglang,” harapnya.

Untuk diketahui, Rombongan Bapemperda DPRD Pandeglang berjumlah 11 orang, Ketua Rika Kartika Sari, Wakil Ketua Yangto, dengan didampingi sejumlah anggota diantaranya Dedi Suwandi, Uus Usamah, Dede Sumantri, H. Hasanudin, Novia Rahtami, Irvan Nugraha, Andi Mulyana, dan Candra Angga Rahmayanda.

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan Bapemperda DPRD Pandeglang disambut langsung Wakil Ketua II DPRD Lamteng Firdaus Ali, didampingi sejumlah anggota DPRD lainnya Singa Ersa Awangga, Ni Made Winarti, Toni Sastra Jaya, Aris Wanti, Jauhary Subing, dan jajaran Sekretariat DPRD setempat. (adv).

Baca Juga

LAINNYA