Dampak OJK Bantu Perekonomian Masyarakat Desa Cintamulya Melalui Program Laku Pandai yang Sangat Dirasakan

Bandar Lampung, Intailampung.com – Selasa (30 November 2021), tepat pukul 10.00 Wib Insan Pers dan OJK Provinsi Lampung, berkunjung ke Desa Cintamulya, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan. Dengan bertema ” Desa Inklusi Mendorong Perkembangan Perekonomian Desa”.

Dan tepat 11.45 Wib Wartawan mendatangi usaha ibu Khusnul Khotimah salah satu Nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang satu-satunya warga desa Cintamulya berhasil mendirikan ruko berkat peminjaman modal ke Bank Lampung, beliau mengatakan senang dengan adanya program tersebut karena banyak keuntungan yang bisa diraih.

Saya Khusnul khotimah salah satu Nasabah Bank Lampung yang sudah bergabung selama 1 tahun, dirinya mengaku sangat senang dengan adanya program ini karena bisa membantu perekonomian dan membantu sekali karena prosesnya sangat cepat. Dan berkat peminjaman modal ini, penghasilan saya perharinya hampir satu juta dan itu belum yang di toko.

Baca Juga

Ibu Khusnul Khotimah sendiri sukses mendirikan Ruko dengan nama ‘Karunia Fashion’ dan menjual berbagai pakaian dari laki-laki, wanita dan anak-anak, jilbab, sandal dan tas anak sekolah. Tak hanya itu juga ibu yang murah senyum ini juga menjual minuman ringan yakni ice cream.

Di tempat yang sama, salah satu penggiat agen galeri investasi Solihin mengatakan bahwa, adanya Laku Pandai sangat bermanfaat bagi warga masyarakat, yang dimana warga desa itu sendiri tidak sulit untuk mengakses keuangan ke kota dan tidak mengeluarkan biaya banyak.

“Mangkanya pemerintah ingin menyiapkan semua produk pelayanan keuangan itu ada di desa, One Stop Pelayanan Keuangan. Pelayanan Keuangan itu sendiri yakni permodalan untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR), terus ada agen Laku Pandai dari Bank Lampung, dan ada galeri investasi yang bertujuan agar masyarakat tidak terkena investasi bodong. Karena dulu sudah banyak warga yang sudah kena 
investasi bodong,” jelas Solihin.

Solihin juga mengungkapkan bahwa, dengan adanya galeri investasi ini sangat bagus karena bisa menanamkan pemahaman tentang investasi resmi lewat pasar saham.

  Gubernur Lampung Bersama Menteri Pertanian Resmikan Irigasi Pompa Tenaga Surya Di Tegineneng Pesawaran

Solihin juga mengungkapkan bahwa, dengan adanya galeri investasi ini sangat bagus karena bisa menanamkan pemahaman tentang investasi resmi lewat pasar saham.

Sedangkan pada kunjungannya tersebut, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung Bambang Hermanto, mengatakan bahwa, Laku Pandai yang disingkat dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, merupakan Program OJK untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

“Laku Pandai merupakan salah satu program dari tim percepatan akses keuangan atau program OJK provinsi Lampung yang dimana kita harapkan ini bisa hadir di seluruh desa-desa yang ada di provinsi Lampung,” ujar Bambang Hermanto.

Dikatakannya, pihaknya akan lajukan supaya masyarakat teredukasi bahwa saat ini sudah banyak lembaga jasa keuangan yang sudah semakin mudah untuk diakses dengan cara mendekatkan layanan mikro.
“Dan nanti di sekolah-sekolah akan ada galeri edukasi khusus anak sekolah ditingkat SMA, karena kemarin saya baru saja diskusi dengan Dinas Pendidikan,” katanya.

Kemudian, Kepala Desa Cintamulya Dwi Handayani mengucapkan terimakasih dan beliau juga merasa bangga serta sangat bersyukur. Karena, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menaruh perhatian khusus di desa Cintamulya.

“Mudah-mudahan di desa Cintamulya ini kedepannya akan menjadi desa yang sejahtera dan desa ini mempunyai karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan desa yang lain. Karena, di Kecamatan Candipuro ini merupakan desa pendidikan ataupun desa pesantren,” kata Dwi Handayani.

Dwi Handayani juga menjelaskan bahwa, Desa Cintamulya mempunyai Lima lembaga Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan Formal tingkat SD, SMP, SMK. Selain terkenal dengan pendidikan dan pesantren nya, Desa Cinta Mulyo juga terkenal dengan pertaniannya.

  Riana Sari Arinal Turun Langsung Bagikan Daging Qurban

“Untuk Petani hampir 70% warga masyarakat yang menjadi petani, ini merupakan mata pencarian dengan hasil pertanian 30% dan sekarang perekonomian saat ini sudah mulai tumbuh dan berkembang,” jelas Dwi Handayani.

Dengan itu, Kepala Cabang Pimpinan Bank Lampung Kalianda Malatisnoh menyampaikan bahwa program tersebut sangat mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran.

“Masyarakat dapat menghemat waktu, mulai dari aktifatas yang warganya mayoritas petani, tentu tinggal mendatangi kantor desa, semua masalah pembayaran pajak sudah bisa diselasikan. bayangkan kalau masyarakat desa harus membayar pajak ke Samsat kabupaten, tentunya akan memakan waktu, dan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk makan dan bensin di jalan,” tutur Malatisnoh.

Dengan program yang di buat oleh pemerintah provinsi Lampung, mengembangkan sektor-sektor pelaku usaha yang ada di desa dan mendongkrak ekonomi masyarakat yang pernah lumpuh. (Bong)

LAINNYA