Bapenda Gelar Razia Pajak Kendaraan, WP Bisa Bayar di Tempat

Bandar Lampung, Intailampung.com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung menggelar razia kendaraan yang telah menunggak pajak di Jalan Raden Intan dan Jalan Cut Nyak Dien kota Bandar Lampung, Senin (19/9/2022). Tujuannya, guna mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan.

Sejumlah kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat dihentikan petugas untuk diperiksa apakah sudah membayar pajak atau belum. Para pengendara yang kedapatan menunggak pun bisa melunasi kewajibannya di tempat.

Kepala Bapenda Adi Erlansyah melalui Sekretaris Bapenda Jhon Novri mengungkapkan, UPTD Wilayah I Rajabasa kerja sama antara Jasa Raharja, Satlantas Polresta Bandar Lampung serta Dirlantas Polda Lampung untuk melakukan razia gabungan tertib kendaraan bermotor 2022.

“Salah satunya mengingatkan pemilik kendaraan yang tidak bayar pajak kendaraan, dan para pengendara jika mereka mampu dan ada dana bisa langsung bayar ditempat untuk pajak kendaraannya,” kata mantan Kepala Bidang (Kabid) Bendahara di Badan Pengeloaan Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD), tersebut.

Baca Juga

Menurut Jhon, salah satunya razia tersebut sifatnya himbauan untuk wajib pajak membayar pajak kendaraan. “Salah satu upaya kita juga dalam optimalisasi pendapatan asli daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor,” tuturnya.

Lantas saat ditanya, bagaiama jika kendaran roda dua dan roda empat tidak ingin membayar pajak, ia menjawab kalau untuk penegakan hukumnya merupakan kewenangan dari pihak polisi, kalau dari Bapenda, hanya berupa sanksi dan itu pun sudah jelas sanksinya dalam bentuk denda.

Sementara itu, Ipda Tajudin Mewakili Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung AKP M.Rohmawan, mengatakan, pihaknya melakukan razia gabungan bagi kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4 yang tidak membayar pajak dengan melibatkan personel dari Bapenda dan Jasa Raharja.

  DPRD Lampung Minta Panitia Kontingen Kawal Ketat Atlet Hingga Meraih Medali Emas

Dalam operasi kali ini berhasil menjaring 30 kendaraan diantaranya 25 R4 dan 5 R2. Menurutnya, jika ditemukan kendaraan yang mati pajak atau menunggak saat operasi gabungan. Pihaknya langsung mengarahkan untuk membayar pajak di lokasi yang telah disediakan.

“Jadi di lokasi kita juga menyiapkan satu unit mobil Samsat Corner keliling,” ucap Kanit Patroli.

“Razia ini akan kita lakukan terus menerus yang tentunya untuk memberikan teguran dan himbauan kepada masyarakat sebagaimana peraturan pemerintah agar membayarkan pajak kendaraannya tepat waktu” kata Ipda Tajudin.

Dalam kegiatan tersebut Ipda Tajudin juga mengimbau para pengendara untuk tetap selalu tetap tertib dalam berlalu lintas. Selalu mengunakan helm dan membawa surat kendaraan saat berkendara.

 

 

 

LAINNYA