Warga Karang Jaya Tegaskan Tak Ada Tuntutan Apapun Terhadap PT SJIM

Ket Foto : Kepala Lingkungan 1 Karang Maritim, Satria Kusuma Yuda saat memberikan keterangan kepada awak media, Rabu, 12 April 2023.

INTAILAMPUNG.COM – PT Sinar Jaya Inti Mulya (SJIM) Karang Maritim Srengsem, mengklaim sejak berdiri tahun 2011 lalu, telah memberikan CSR kepada warga ring 1, khususnya warga Kampung Karang Jaya, Kelurahan Karang Maritim, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung.

Sejumlah bantuan telah diberikan perusahaan diantaranya bantuan beras rutin setahun dua kali, sapi untuk Qurban, dan berbagian bantuan lain.

“Tidak hanya itu, berbagai usulan warga pun sedang dalam pertimbangan, yang jelas sesuai kapasitas perusahaan,” ujar Manager PT SJIM Karang Maritim. Srengsem, Wardoyo, Rabu (12/04/2023).

Baca Juga

Perihal informasi yang menyatakan adanya keluhan warga karena polusi perusahaan, ia menyebut hal itu tidak benar, karena sejauh ini perusahaan terbuka terhadap aspirasi warga.

“Sejauh ini tidak ada keluhan dari warga, karena kita memang bekerja sesuai rekomendasi DLH. Untuk lebih jelasnya silahkan telusuri langsung ke warga,” tuturnya.

Tenaga kerja pun di perusahaan ini direkrut dari warga lokal dengan jumlah yang jumlah signifikan. Sekitar 80 persen dari ratusan karyawan.

“Padahal kesepakatan hanya 40 persen, kenyataanya lebih dari 70 persen pekerja merupakan warga sekitar. Karena ini komitmen perusahaan merekrut tenaga lokal. Meski ada juga pekerja dari luar, mereka tak lain para pekerja tekhnis,” urainya.

Warga pun menyambut baik berbagai kebijakan perusahaan tersebut. Bahkan, warga menegaskan tidak ada keluhan apapun kepada perusahaan.

“Memang benar, tidak ada keluhan apapun dari warga, karena sejauh ini perusahaan sangat kooperatif terhadap warga,” ungkap Kepala Lingkungan 1 Karang Maritim, Satria Kusuma Yuda.

Ia membenarkan sejumlah bantuan yang telah diberikan perusahaan, bahkan, kata dia, perusahaan pun mengakomodir semua usulan warga.

  Syarif : Menjaga Keutuhan NKRI Merupakan Tanggungjawab Bersama

“Berbagai usulan warga diakomodir perusahaan, kita pun mengapresiasi hal itu, semoga dalam waktu dekat usulan warga dapat direalisasikan perusahaan,” harapnya.

Ditemui terpisah, Ketua LPM Karang Maritim, Hasan Basri mengamini apa yang disampaikan perusahaan. Bahkan kesepakatan perusahaan memprioritaskan pekerja dari warga sekitar telah dibuktikan.

“Sebelumnya juga disepakati, untuk pekerja perusahaan akan tetap memprioritaskan warga sekitar, dan Alhamdulillah sebagian besar pekerja memang warga sekitar,” tukasnya.

Secara khusus ia pun mengapresiasi yang telah diperbuat perusahaan untuk warga. “Tentu kita apresiasi dan kita berharap hubungan warga dengan perusahaan bisa terus harmonis,” ucapnya.(*)

Laporan/Editor : Ibrahim Hayat

LAINNYA