Proyek Sumur Bor Dinas Cipta Karya Lamteng Terindikasi Rugikan Negera Ratusan Juta

Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, di Jalan A. Yani, No 70 Bandar Jaya Barat, Lamteng.

Lampung Tengah, Intailampung.com — Sebanyak 145 paket proyek pembangunan Sumur bor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman/Cipta Karya, Lampung Tengah anggaran 2017, senilai Rp 1,2 miliar terindikasi merugikan negara ratusan juta.

Lembaga Analisis Pemerhati Anggaran (Lapang) mengindikasikan terjadinya peraktek “korupsi” dengan pengkondisian kerjasama secara terstruktur yang dilakukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan rekanan sehingga menimbulkan terjadinya kesengajaan yang mengakibatkan kerugian negara.

Ketua Lapang Ibrahim Hayat, SH., mengatakan, bahwa dalam pantauannya, sebanyak 145 proyek pengadaan sumur bor dalam rancangan anggaran biaya proyek (rap) 2017, terdapat pengadaan instalasi listrik dengan nilai Rp750 ribu. Namun pada kenyataannya, dalam pengerjaanya tidak ada.dannbsp;

“Kita sudah cek dibeberapa titik sumur bor, tidak ada instalasi listrik yang terpasang. Sehingga kita nilai disini PPK lalai dalam pengawasan,” terangnya.

Yang sangat kita sayangkan, lanjutnya, meski di titik sumur bor yang ada, tidak terdapat instalasi listrik yang terpasang. PPK dengan mudah dan gampangnya mencairkan dana proyek.dannbsp;

Ini tentu tidak ada rasa tanggung jawab terhadap proyek pegerjaan yang dilakukan. All hasil hanya mencari keuntungan semata. Tidak mementingkan asas pemanfaatannya.dannbsp;

“Tentu ini sangat kita sayangkan. Karena praktek seperti ini menimbulkan kerugian negara mencapai Rp 108.750.000 juta, akibat fiktif,” jelasnya.

Untuk itu, guna menindak lanjuti persoalan ini, Ketua Lapang Ibrahim, pihaknya akan melaporkan hasil temuan infestigasinya ke pihak penegak hukum. Agar di periksa dan di kaji kebenarannya.

“Ya, kita akan adukan persolan proyek ini ke Polres Lamteng dan Kejaksaan, agar di periksa kebenaranya,” pungkasnya. (Intai).

dannbsp;

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *