Hari Kartini Ke-139, Pemkab Lamteng Ajak Perempuan Berperan Dalam Pembangunan

Lampung Tengah, Intailampung.com –Peringatan Hari Kartini ke-139 tahun 2018 di Kabupaten Lampung Tengah, diisi dengan kegiatan Lomba Peragaan Model Busana, dan merias bunga yang diikuti para ibu-ibu Forkompimda Pemkab Lamteng.

Demikian disampaikan Plt. Ketua PKK Lampung Tengah Ellya Loekman, usai memperingati Hari Kartini ke-139,di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Senin (23/04/2018).Dengan tema, “Teruslah Menjadi Terang Dalam Kehidupan Wahai Perempuan Indonesia”.

“Saya atas nama Pemkab Lampung Tengah mengajak seluruh perempuan untuk berpikir cerdas dengan ikut serta meningkatkan perannya dalam pembangunan dari segala hal. Dengan bisa berbuat dimana pun kita tinggal itu sudah salah satu wujud kita dalam menghargai RA. Kartini,” ujarnya.

Namun demikian, kata dia, hal tersebut tidak juga mengurangi peran perempuan sebagai ibu dalam membina keluarga, tetapi mengajak ibu-ibu untuk pandai menempatkan fungsinya sebagai ibu rumah tangga dan sebagai abdi masyarakat yang baik.

“Kita juga merasa bangga pemerintah daerah Lampung Tengah sudah banyak menepatkan kaum ibu menempati jajaran perkantoran. Dengan banyaknya potensi diri yang di miliki kaum perempuan, maka bisa terus kita kembangkan agar kiprah perempuan dalam pembangunan semakin nyata,” kata Istri Plt. Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto ini.

Ditambahkannya, untuk menjadikan perempuan Indonesia lebih baik, harapannya kartini-kartini Indonesia bisa menempatkan diri sebagai “wanita”, dalam tanda kutip wanita yang bisa bekerja di luar rumah tetapi kewajibannya didalam rumah juga tetap nomor satu. Bisa menyeimbangkan kewajibanya didalam dan diluar rumah.

“Khususnya untuk perempuan-perempuan (kartini) Lampung Tengah, bisa menampilkan potensi-potensi yang ada. Seperti yang kita lihat, wanita-wanita Lamteng itu berbakat. Cuman belum tergali, harapan saya wanita Lamteng bisa menampilkan potensi diri masing-masing,” jelasnya.

  Selamat, Ini Yang Ke-4 Kali Pemkab Lamteng Raih Opini WTP

Sementara Plt. Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto berharap, melalui peringatan Hari Kartini ke-139, dirinya mengajak seluruh kaum perempuan untuk lebih mengenal sosok Kartini sebagai Pahlawan Perempuan Indonesia yang telah mempelopori dan menggugah semangat kaum perempuan Indonesia beremansipasi sesuai dengan harkat dan martabatnya.

Sebab, lanjutnya, sejarah telah mencatat berkat perjuangan Kartini, perempuan Indonesia mulai maju dan sadar akan hak-haknya sebagai insan yang hidup merdeka dan terhormat sesuai dengan kodratnya.

Saat ini nilai-nilai dan budaya yang berlaku di masyarakat telah dapat menerima kesetaraan perempuan dengan laki-laki dalam kehiduan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ada beberapa posisi penting dan membanggakan telah diperankan oleh perempuan,” ujar Loekman.

Dikatakan Loekman, apa kata bung Karno “Jas merah” jangan melupakan sejarah. Bangsa yang besar itu, bangsa yang ingat akan sejarah. Salah satu sejarah yang ditorehkan oleh ibu Raden Ajeng Kartini ini adalah membuka wawasan para wanita Indonesia, khusunya membuka terbelenggunya wanita Indonesia terhadap budaya-budaya. Nah inilah makanya, secara istilah habis gelap terbit lah terang.

“Tanpa perjuangan R.A Kartini tidak mungkin ada ibu ibu yang mempunyai karier di bidang pemerintahan, politik dan bisnis. Maka pada setiap tgl 21 April, diperingati sebagai hari kartini, hari habis gelap terbitlah terang,” ucapnya.

Lebih lanjut Loekman mengatakan, saat ini telah banyak perempuan-perempuan di Lampung Tengah yang menduduki posisi penting di Pemerintahan. Hal ini tentunya menjadi suatu kemajuan yang sangat pesat dan membanggakan bagi pemerintah dan masyarakat Lamteng.

Meski demikian, Tambah Loekman, saya ingatkan kepada seluruh kaum perempuan di Lampung Tengah agar dapat menjaga kehormatan rumah tangganya. “Dengan tetap menjadi pengayom bagi keluarga dan anak-anaknya, serta menjadi contoh tauladan untuk dapat menciptakan keluarga yang berkualitas.Selamat merayakan hari kartini 21 April 2018,” tuntasnya.(ADV).

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *