UEFA Kaji Ulang Aturan Gol Tandang di Kompetisi Eropa

Barcelona jadi klub terakhir yang terkena aturan gol tandang di Liga Champions.

NYON – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) UEFA, Giorgio Marchetti, mengungkapkan timnya akan mengkaji ulang soal aturan gol tandang yang ada di kompetisi Eropa. Marchetti berpikiran akan mengubah aturan tersebut setelah mendapat dorongan dari berbagai pihak.

Pada Rabu 5 September 2018, pelatih-pelatih top Eropa mengadakan pertemuan di markas besar UEFA yang terletak di Nyon, Swiss. Dua pelatih asal Italia, Massimiliano Allegri dan Carlo Ancelotti yang hadir dalam pertemuan tersebut juga mendorong UEFA agar mengubah aturan gol tandang.(Allegri jadi salah satu pelatih yang mengajukan protes. Foto: REUTERS)

Sebab, aturan gol tandang bak pisau bermata dua. Di satu sisi bisa mengutungkan satu tim, namun di sisi lain dapat membuat rugi tim tersebut di pertandingan lain. Untuk ukuran Liga Champions, klub terakhir yang merasakan sadisnya aturan gol tandang ialah Barcelona.

Pada leg I perempatfinal Liga Champions 2017-2018 yang berlangsung di Estadio Camp Nou, Blaugrana –julukan Barcelona– menang 4-1 atas AS Roma. Akan tetapi, saat gantian bermain di Stadion Olimpico, Barcelona takluk 0-3 dari Roma.Sebenarnya agregat sama kuat 4-4, namun karena Roma sanggup mencetak satu gol di markas Barcelona, Giallorossi –julukan Roma– pun yang dinyatakan lolos ke semifinal. Hal itulah yang membuat UEFA didorong agar segera melakukan perubahan.

“Para pelatih berpikir mencetak gol tandang tidak sesulit di masa lalu. Mereka berpikir kami harus mengkaji ulang peraturan itu dan kami akan melakukannya,” kata Marchetti mengutip dari Football Italia, Kamis (6/9/2018).(Ter Stegen saat memungut bola dari gawangnya. Foto: REUTERS)

Peraturan gol tandang pertama kali diperkenalkan UEFA pada 1965-1966 di ajang Piala Winners. Saat itu, aturan diadakan untuk menghindari lempar koin atau pertandingan ulang (replay) ketika dua klub bermain sama kuat dalam dua pertemuan. .tulkom .sum-comment b{background:url(‘https://cdn.okezone.com/underwood/img/2016/komentar-icon-black.png’)no-repeat; width:30px; height: 20px; float:left; margin-top: 3px; display: inline-block}

  Pelatih Thailand Akui Sudah Simpan Peta Kekuatan Indonesia

Sumber: Okezone Bola

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *