Atap LRC Ambruk, Anggota Komisi II DPRD Kota Metro Alizar Soroti Dinas Pendidikan Yang Lamban Penanganan

METRO, INTAILAMPUNG.COM – Insiden ambruknya atap Gedung Learn Reseat Center (LRC) UPTD SD Negeri 6 Metro Barat, pada Senin (29/10/2018) sore lalu, menjadi sorotan serius Anggota Komisi II DPRD Alizar.

Ia menyayangkan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Metro kurang cekatan dalam penanganan kerusakan. Hingga berakibat pada ambruknya LRC.  “Jika pemerintah Kota Metro mengidentifikasi kerusakan secara dini dan memperbaikinya. Maka hal seperti ini tidak akan terjadi, Saya sangat menyayangkan kejadian itu. Untungnya para siswa tidak menjadi korban dalam insiden,” ucapnya, saat melakukan peninjauan di UPTD SD N 6 Metro Barat, Senin (05/11/2018).

Mestinya, lanjut kata dia, Dinas Pendidikan Kota Metro mendata bangunan sekolah yang sudah uzur. Hal ini untuk mengantisipasi ambruknya bangunan. “Tidak sulit mengidentifikasi kerusakan, tinggal dicek secara perlahan dan seksama bangunan sekolahnya, bila bangunan sudah didata, maka langsung dilaporkan agar pemerintah mengalokasikan dana, dengan begitu antisipasi kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi di kemudian hari,” jelasnya.

Terpisah, Kepala UPTD SDN 6 Metro Barat, Nety Ernawaty MD, S.Pd. SD berharap, perbaikan gedung LRC bisa terealisasi pada tahun ini. Pasalnya, kegunaan gedung dibutuhkan untuk sejumlah kegiatan.

“Terlepas siapa yang akan mengerjakan rehab itu, intinya saya berharap perbaikan gedung LRC yang ambruk dapat terealisasi di tahun 2018 ini. Karena kegunaannya sangat dibutuhkan. Antaralain tempat pertemuan tingkat kecamatan metro barat, dan tempat murid-murid berlatih drum band. Selama gedung itu belum di perbaiki kasihan anak-anak, karena, untuk aktifitas drum bandnya mereka melakukannya di halaman sekolah. Bahkan apabila ada pertemuan dengan terpaksa anak-anak masuk sekolah pada siang hari,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Mardani Usman, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabiddikdas) pada Dinas Pendidikan Kota Metro saat di hubungi via Whatsapp mengungkapkan, terkait insiden itu pihaknya sudah mendapatkan laporan. “Kami sudah mengusulkan untuk rehab gedung LRC UPTD SD N 6 Metro Barat di apbd perubahan tahun ini,” ujarnya.

  Alumni SMA Pangudi Luhur Buka Bersama Dengan Anak Yatim

Mardani menjelaskan, kondisi bangunan tersebut memang sudah tua. “Sudah harus rehap atau ganti. Belum sampai waktunya sudah ambruk. Intinya insya allah minggu depan pekerjaan rehabnya sudah bisa dimulai,” ungkap Mardani. (iwan/Intai).

Baca Juga

LAINNYA