Timnas Indonesia Tiga Kali Gagal Lolos dari Fase Grup Piala AFF

Timnas Indonesia Tiga Kali Gagal Lolos dari Fase Grup Piala AFF

Filipina saat mengalahkan Indonesia 4-0 di Piala AFF 2014.

JAKARTA – Nasib Tim Nasional (Timnas) Indonesia di berada di ujung tanduk. Untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018, mereka wajib berharap Thailand menang atas Filipina dan Singapura. Selain itu, Indonesia juga wajib menang saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu 25 November 2018 malam WIB.

Jika pada akhirnya Hansamu Yama dan kawan-kawan gagal lolos dari fase grup, itu merupakan yang keempat kali bagi mereka di sepanjang keikutsertaan di Piala AFF. Sebelumnya, Indonesia gagal lolos dari fase grup pada edisi 2007, 2012 dan 2014.Di edisi 2007, Indonesia racikan Peter Withe tergabung di Grup B bersama tuan rumah Singapura, Vietnam dan Laos. Setelah melalui tiga pertandingan, koleksi poin Singapura, Vietnam dan Indonesia sebenarnya sama kuat yakni lima angka.

Baca Juga

Akan tetapi, Indonesia kalah selisih gol dari Singapura dan Vietnam, imbas hanya menang tipis atas Laos. Sebab, di saat Indonesia hanya menang 3-1 atas Laos, Singapura membungkam tim terlemah di fase grup itu dengan skor 11-0, sedangkan Vietnam menang 9-0.Sementara itu pada 2012, Indonesia yang tidak turun dengan skuad terbaik tergabung di Grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura dan Laos. Di laga pertama, Indonesia ditahan Laos 2-2. Kemudian di laga kedua, Indonesia menang 1-0 atas Singapura lewat tendangan bebas Andik Vermansyah.

Namun, di laga pamungkas, Indonesia takluk 0-2 dari tuan rumah Malaysia. Setelah melewati tiga pertandingan, Singapura berada di puncak dengan koleksi enam angka, disusul Malaysia (enam), Indonesia (empat) dan Laos (satu).Hasil tak berbeda jauh dialami Indonesia di Piala AFF 2014. Saat itu, Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Filipina dan Laos. Setelah menahan Vietnam 2-2, Indonesia takluk 0-4 dari Filipina serta menang 5-1 atas Laos.

  Banting Kerat Botol, Mourinho Terhindar dari Sanksi UEFA

Alhasil, Indonesia duduk di posisi tiga klasemen dengan koleksi empat angka, di bawah Filipina (enam) dan Vietnam (tujuh). Harapannya jelas, hasil pada 2007, 2012 dan 2014 tidak kembali dialami Indonesia di Piala AFF 2018.

Sumber: Okezone Bola

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *