Lomba Desa, Pemkab Pesawaran Nilai Pembangunan Desa Trimulyo

PESAWARAN, INTAILAMPUNG.COM – Guna melihat tingkat keberhasilan desa dalam segi pembangunan, Pemerintah Kabupaten Pesawaran, nilai Desa Trimulyo.

Penilaian lomba, dilakukan sekira pukul 10.00 wib, di Balai Desa Trimulyo, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Kamis (14/3/2019).

Pelaksanaan lomba desa Tingkat Kabupaten Pesawaran tahun 2019 tersebut. Bertujuan untuk mendorong masyarakat Desa Trimulyo, agar berpartisipasi dalam mendukung pambangunan Pemerintah daerah, khususnya dalam membangun desa.

Staf Ahli Pemkab Pesawaran Bidang Ekonomi Pembangunan Keuangan Ariyawan, SE, MH., mewakili sambutan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, ST., mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan lomba desa yang di pusatkan di Balai Desa Trimulyo tersebut.

 “Saya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Desa Trimulyo yang telah berpartisifasi aktif dalam berbagai program pemerintah, berpartisipasi termasuk dalam mempersiapkan lomba Desa ini,” ucapnya, mewakili sambutan Bupati.

Melalui kegiatan lomba desa tersebut, pihaknya berharap dapat memberi dorongan bagi masyarakat Desa Trimulyo, untuk terus kuat membangun di segala aspek kehidupan. Yang dilaksanakan secara partisipatif, terencana dan terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong masyarakat.

Menurutnya, dalam rangka mendukung pelaksanaan otonomi daerah, maka perlu dilakukan upaya-upaya yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa.

“Untuk menilai keberhasilan dari upaya-upaya tersebut, perlu dilaksanakan perlombaan desa, hal ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan dan tingkat keberhasilan pembangunan desa,” terangnya.

Dikatakannya, lomba desa merupakan program nasional yang bertujuan sebagai wadah untuk mengevaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan masyarakat desa.

“Pembangunan disegala bidang menjadi hal mutlak untuk dilaksanakan, dan untuk mencapainya saya selalu berupaya secara terus menerus mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi, sebagai modal sosial yang sangat luar biasa dalam mengukir prestasi demi membangun Bumi Andan Jejama yang kita cintai ini,” bebernya.

  Kepala Desa Padang Ratu Himbau Warganya Untuk Taati Prokes Kesahatan

Lanjut dikatakannya, prioritas program pemerintah dalam pembangunan disegala sektor, merupakan upaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang dilaksanakan secara bersama oleh pemerintah dan masyarakat.

“Pembangunan khususnya di tingkat desa, dilakukan melalui perlombaan desa yang merupakan kompetisi dan evaluasi dari tugas-tugas dalam mengelola pemerintahan desa Untuk penilaiannya memuat segala aspek pembangunan melalui delapan indikator yang dilaksanakan secara terpadu,” jelasnya.

Dikatakan lebih dalam, beberapa indikator penting dalam penilaian lomba desa ini tercantum di dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang mencakup 3 bidang, yaitu: bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan Dan untuk melihat keberhasilan pelaksanaan.

“Kami berharap Tim Penggerak PKK desa dapat berperan aktif sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana dan pengendali serta penggerak pembinaan teknis kepada keluarga dan masyarakat serta selalu berkoordinasi dengan PKK Kecamatan, PKK Kabupaten dan dinas instansi terkait lainnya,” harapnya.

Selain itu, menindaklanjuti himbauan Mendagri, kami meminta kepada seluruh Kepala Desa agar dana desa tidak hanya digunakan untuk kegiatan fisik saja, tetapi juga dipergunakan untuk peningkatan sumberdaya manusia dan kegiatan-kegiatan pemberdayaan keluarga di desa, terutama kegiatan 10 program PKK.

“Yang menjadi Penilaian dalam lomba desa yakni Bidang Kepemerintahan, Bidang Kewilayahan, Bidang PKK, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi, Bidang Kemasyarakatan dan lainya”, tuntasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan Staf Ahli bidang Ekonomi Pembangunan Keuangan Ariyawan, SE, MH., Sekertaris PMD Kab. Pesawaran, Rudi Agus Sunandar SE. Wakil Ketua DPRD Pesawaran,  Umroni Amd. DPRD Pesawaran, Camat Padang Cermin Darsoyo, SE, MM., Kapolsek Padang Cermin IPTU SYAMSU RIZAL S.IP.,  Danramil Padang Cermin KAPTEN ROFI’I,  Kades se-Kecamatan Padang Cermin,  Sekdes se-Kecamatan Padang Cermin, Ibu- ibu PKK se-Kecamatan Padang Cermin, ketua BPD se- kecamatan Padang Cermin, ketua LPM se- kecamatan Padang Cermin dan dimeriahkan warga masyarakat Kecamatan Padang Cermin. (agung/intai).

  Ketua Gapoktan Lestari Ga Bisa Transfaran Anggota Minta Proses Hukum

Baca Juga

LAINNYA