Bupati Lambar Paparkan Ketahanan Pangan Pasca Covid-19

INTAILAMPUNG.COM – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, S.Pd., menjadi narasumber dalam Web Seminar (Webinar) terkait dengan membangun kemandirian pangan daerah dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan pasca Covid-19.

Kegiatan ini pun dipandu oleh Direktur Pascasarjana Universitas Lampung Prof.Dr.Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., Guru Besar Ekonomi Pertanian Universitas Lampung Senior Economies INCEF Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc., Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia Ir. Abdul Hamid yang dimoderatori Dr. Teguh Endaryanto, SP.,M.SI selaku Ketua Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Unila.

Hal itu dilakukan mengingat Lampung Barat merupakan Kabupaten Agraris yang masuk dalam kategori aman dalam stok pangan.

Dapat dilihat dari Program Pangan Mandiri dalam Menghadapi dampak Covid-19, Kabupaten Lampung Barat mempunyai ketahanan pangan jangka panjang. Sehingga terciptanya ketahanan pangan rumah tangga dan tersedianya keragaman pangan alternatif rakyat, berbasiskan pangan lokal. Serta terciptanya lumbung pangan rakyat di Semua tingkatan Pemangku Pekon hingga Kecamatan dan Kabupaten.

Kemudian dalam Variabel Program Pangan Mandiri itu sendiri, terdiri dari pemanfaatan pekarangan rumah dan lahan kosong sebagai kebun pangan mandiri, melaksanakan urban farming untuk lahan sempit dengan media tanam Polybag, Pot dan Barang Bekas.

Selanjutnya mengusahakan kebun kolektif warga di lahan milik pemerintah dengan berbagai alternatif komuditas tanaman, seperti Tanaman Sumber Karbohidrat, Tanaman Sumber Vitamin dan Mineral, Tanaman Obat dan Sumber Protein.

Bahkan dalam pelaksanaan program mandiri ini, dilakukan pembagian bibit hortikultura oleh Pemerintah Daerah melalui Tim Penggerak PKK Lampung Barat dan elemen lainnya dalam pembagian bibit pisang dan peternakan oleh dinas terkait. (rls).

Baca Juga

LAINNYA