Lampung Barat Alami Penambahan 23 Kasus Baru Positif Covid-19

INTAILAMPUNG.COM – Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kembali bertambah dan belum menunjukkan tanda-tanda adanya penurunan.

Bahkan, sampai dengan hari ini (07 Juli 2021) terjadi penambahan sebanyak 23 kasus baru dari Kecamatan Batu Brak dan Belalau.

Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S.Farm, APT, MPH., menyatakan, 23 warga yang terpapar dalam dua hari terakhir tersebar di dua Kecamatan meliputi Batu Brak 19 kasus dan Belalau 4 kasus baru.

“Penambahan kasus baru ini merupakan hasil tracing, dan beberapa diantaranya memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Juga terdapat dua pasien yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 namun belum bisa dijelaskan secara rinci,” ungkap Erna Yanti, Rabu (7/7).

“Dengan adanya lonjakan kasus tersebut, pihaknya kembali melakukan tracing untuk mencari orang-orang yang telah melakukan kontak dengan yang positif untuk dilakukan penanganan secepatnya,” ucap Erna.

Lebih jauh Erna menjelaskan, mengingat sebagian besar pasien terpapar setelah berkunjung ke luar daerah, atau terpapar dari klaster luar maka pihaknya menekankan kepada masyarakat untuk waspada dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Selalu kita tekankan untuk mematuhi 5M, jangan lengah karena sebagian besar kasus itu klaster luar, jadi saat berkunjung ke luar daerah, atau saat menerima kunjungan agar mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Hingga kini total terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat yang diakumulasi sejak 2020 menjadi 1.027 dengan rincian angka kematian sebanyak 43 kasus, 156 sedang menjalani isolasi mandiri hingga waktu yang telah ditentukan, dan 828 lainnya sudah dinyatakan sehat. (Wan)

Baca Juga

LAINNYA