Parosil Minta Peratin Gunakan Dana Desa dalam Penanganan Angka Stunting

Lampung Barat – Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus meminta seluruh Peratin untuk menggunakan Dana Desa (DD) dalam penanganan penurunan angka Stunting. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lampung Barat tahun 2021 di Aula Kagungan Pemkab Setempat, Kecamatan Balikbukit, Kamis (16/12).

Pembukaan resmi Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lampung Barat itu ditandai dengan penandatanganan Komitmen bersama yang dilakukan langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Ir. Noviardi Kuswan, Camat Batu Brak Mat Suhyar, Kepala UPT Puskesmas Sumber Jaya Subianto, S.Kep dan Peratin Tri Budi Syukur E. Suharma.

Bupati Lambar Parosil Mabsus dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pada hari ini merupakan salah satu tindak lanjut dari pada aksi percepatan penurunan stunting bersama di Kecamatan Batubrak tepatnya di Pekon Kotabesi.

“Saya berterima karena sudah mengikuti penandatanganan sebuah komitmen aksi percepatan penurunan stunting di kabupaten Lampung Barat sebagai sebuah dukungan dan komitmen terhadap kabupaten Lambar,” ujar Parosil.

Baca Juga

Diungkapkan Bupati Kopi itu, beberapa tahun lalu Kabupaten Lampung Barat juga sudah mendeklarasikan terkait dengan penanganan angka stunting. Hingga capaian angka penurunan stunting sudah melebihi dari target nasional.

“Mudah-mudahan di tahun 2022 dengan dukungan dan kebijakan Pemerintah Pusat maupun Provinsi ditambah dengan adanya sebuah kebersamaan kerja keras dari seluruh kepala OPD akan membuahkan hasil yang menggembirakan bagi kita semua dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Lambar,” ucapnya.

Lebih lanjut dirinya juga menuturkan jika stunting ini akan menjadi masalah baru bagi kesejahteraan sebuah daerah. Oleh karena itu Parosil menekankan kepada seluruh kepala OPD, penurunan angka stunting ini bukan hanya menjadi sebuah tanggung jawab Dinas Kesehatan, bukan hanya menjadi tanggung Jawab Dinas PMP tetapi ini merupakan tanggung jawab bersama.

  Tingkatkan SDM Melalui Pendidikan, Pemda Lambar Galakkan Program "Semua Bisa Melanjutkan Sekolah"

“Saya tekankan kepada seluruh Peratin gunakan dana desanya untuk penanganan angka stunting di Kabupaten Lambar. Dengan penurunan angka stunting yang semakin baik tentu tingkat kesehatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat,” tutur Parosil atau yang akrab disapa Pak Cik ini.

“Pak bupati mengharapkan ada sebuah dukungan, kerja keras dan kerja sama dari kita bersama pada dasarnya kolaborasi aksi ini merupakan jawaban kita bersama dari permasalahan penurunan stunting,” tukas dia.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Uki Basuki SKM., MKes., Unsur Forkopimda Kabupaten Lambar, Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Sekretaris Daerah (Sekda) Akmal Abd Nasir, Seluruh Asissten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lambar.

Hadir juga melalui Video Conferensi
Kabid Bidang Perencanaan, Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung Eka Yuslita ST.,MT., Camat dan Peratin Se-Kabupaten Lambar. (Ade)

LAINNYA