Budiman AS Minta Pemuda-pemudi Jangan Lupakan Sejarah Perjuangan Bangsa

Bandar Lampung, Intailampung.com-Pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman membuat nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa perlahan mulai luntur di lingkungan para anak muda generasi bangsa.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Provinsi Lampung Budiman AS, saat menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada para pemuda dan milenial di Labuhan Dalam, Bandarlampung (11/5).

Menurut Budiman, Bangsa Indonesia ialah bangsa yang memiliki semangat perjuangan. Sebab, sudah 350 tahun lebih kita dijajah bangsa asing. Namun, karena memiliki semangat persatuan dan kesatuan dalam suatu wadah bernama Pancasila, maka kita bisa lepas dari penjajahan.

“Kemerdekaan itu tidak bisa diraih dengan cuma-cuma, butuh perjuangan dan pengorbanan. Untuk itu, kita sebagai generasi muda bangsa harus memahami tentang pentingnya ideologi pancasila dan jangan lupakan sejarah perjuangan bangsa,” jelas Ketua Demokrat Bandarlampung ini.

Maka, dengan adanya sosialisasi ini dirinya berharap agar nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan kembali ke masing-masing diri kita, terutama para pemuda untuk terus bisa menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sementara, Dosen FISIP Unila Budiharjo yang menjadi Narasumber di kegiatan tersebut menyatakan bahwa untuk menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia pemuda-pemudi harus bersatu.

“Walau banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia, suku, rasa, dan bahasa tapi untuk menjaga dan melindungi Indonesia semua harus bersatu,” tambahnya.

Dirinya juga mengungkapkan, kemerdekaan yang diperoleh oleh Negara Indonesia didapatkan dengan mengorbankan jiwa dan raga. “Untuk itu kita sebagai penerus muda bangsa diminta untuk dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya

Baca Juga

LAINNYA