Ujian Terbuka Promosi Doktor, Kakanwil Kemenag Lampung Angkat Isu Lingkungan 

Bandar Lampung, Intailampung.com-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo, S.Ag, S.S, M.Hum akan mengikuti ujian terbuka promosi doktor (S3) di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung pada Rabu (7/6/2023). Dalam ujian tersebut, ia mengangkat judul disertasi : Strategi Implementasi ISO 14001: 2015 Di Universitas Islam Negeri (UIN)  Raden Intan Lampung. 

Disertasi yang ia angkat tersebut merupakan responnya pada isu lingkungan dewasa ini yang telah menjadi isu global. Seluruh dunia telah merasakan bagaimana dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia. Namun menurutnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan masih sangat rendah.

Padahal dalam Islam, terkait lingkungan sudah banyak termaktub dalam Al-Qur’an yang menjadi sumber rujukan utama. Di antaranya adalah tentang ayat yang mengingatkan dampak yang dirasakan manusia jika tidak menjaga lingkungan. Hal ini tersebut dalam Surat Ar-Rum Ayat 41.

Terkait dengan merawat lingkungan ini, Puji menilai bahwa bahwa UIN Raden Intan telah menjawab dengan merumuskan visi berwawasan lingkungan. Dan untuk mewujudkan visi tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengimplementasikan ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan.

Baca Juga

Dalam hal ini lanjutnya, UIN Raden Intan telah melakukan perencanaan yang baik dengan membangun kesadaran bersama seluruh civitas kampus terhadap kelestarian lingkungan. Selain itu kepemimpinan menjadi faktor kunci dalam membangun kesadaran ini. Keteladanan pemimpin sangat penting dalam membangun kesadaran lingkungan.

“UIN Raden Intan Lampung memasukkan isu lingkungan sebagai bagian dari visinya, menjadikannya universitas pertama di Indonesia yang melakukannya,” ungkapnya, Selasa (6/6/2023)

Proses perencanaan juga lanjutnya, memformulasikan strategi implementasi yang berfokus pada konservasi tanah, air, dan udara, kurikulum tentang lingkungan juga dimasukkan dalam program mata kuliah di kampus tersebut.

  Budi Yuhanda Tegaskan Kasus PMK dilampung Meningkat

“UIN Raden Intan juga membangun program baru yaitu pendirian Bank Sampah untuk meminimalisir pembakaran sampah. Program Bank Sampah dilakukan dengan memisahkan sampah organik dan non-organik yang memiliki nilai jual,” ungkapnya.

Novelti dari penelitian yang dilakukannya ini adalah integrasi isu keberlanjutan dalam ISO 14001:2015 dalam konteks manajemen pendidikan Islam, pada organisasi pendidikan dan pengayaan konteks University Social Responsibility. 

Ujian terbuka promosi doktor (S3) ini sendiri akan digelar di Ballroom UIN Raden Intan Lampung pada pukul 10.00 WIB. Ujian ini akan dihadiri Ketua Sidang: Prof. Wan Jamaluddin Z, M.Ag, Ph.D dan Sekretaris: Dr. Muhammad Afif Amrulloh, M.Pd.I.

Disertasi ini akan diuji oleh 5 penguji yakni Penguji 1: Prof. Dr. Hj. Riri Fitri Sari,MM.,M.Sc (Guru Besar UI/Chairperson UI Greenmetric World University Rankings), Penguji 2: Prof. Dr. Hj. Siti Patimah M.Pd., Penguji 3: Prof. Dr.H. Agus Pahrudin, M.Pd., Penguji 4: Dr. Koderi, M.Pd., dan Penguji 5: Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur, M.Si.

LAINNYA