Tim Sepak Bola GSI Lampung Juara Satu Tingkat Nasional

INTAILAMPUNG.COM – Tim Sepak Bola GSI (Gala Siswa Indonesia) Lampung Tengah mewakili Provinsi Lampung menjadi juara 1 dalam turnamen GSI jenjang SMP tingkat Nasional Tahun 2023.

Tim GSI Provinsi Lampung berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Tim GSI dari Provinsi Jawa Tengah di partai final dengan skor 5:6 dalam drama adu pinalti.

“Lampung Tengah selalu mewakili Provinsi Lampung dalam gelaran GSI tingkat Nasional selama beberapa tahun terakhir. Inilah menjadi kebanggaan dan sekaligus catatan sejarah karena tahun ini kita berhasil menjadi juara 1 tingkat Nasional dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp110 juga,” terang Sukisno yang setia mendampingi tim GSI selama turnamen berlangsung.

Baca Juga

Diterangkan Ketua MKKS SMP Lampung Tengah ini, mulai dari babak penyisihan grup Tim GSI Lampung berhasil mengalahkan tim yang menjadi lawannya sehingga sampai di partai puncak juara.

“Setelah lolos sebagai juara grup E dalam babak penyisihan, kita berhasil mengalahkan Sumatera Utara di babak 16 besar dengan skor 2:1, di babak 8 besar kita menang dari Tim Provinsi Riau Skor 2:1. Sedangkan di Babak 4 besar, kita berhasil mengalahkan tim GSI Jakarta, dan akhirnya di Partai final
berhasil mengalahkan juara bertahan yaitu Provinsi Jawa Tengah dalam drama adu pinalti dengan skor 6:5,” ucapnya.

Dikatakan Sukis, bahwa selama turnamen berlangsung, Tim GSI Lampung menjadi primadona bagi provinsi lainnya, karena berhasil mengalahkan semua lawannya, yang sebelumnya hanya didominasi oleh Tim dari pulau Jawa.

“Kita banyak mendapatkan dukungan dari Tim GSI dari provinsi lain. Sebab, baru tahun ini Tim dari luar Jawa yang berhasil masuk ke babak final, sebelumnya hanya dari Jawa Timur dan Jawa Tengah saja yang menjadi kandidat juara,” tuturnya.

  Pemkab Pesawaran Gelar Lomba Kesrak dan Tetapkan Desa Bogorejo Sebagai Kampung KB

Ditambahkan Sukis, selain faktor keberuntungan dengan hadirnya (Dewi Fortuna), dan juga peran dari pelatih yang sangat berbakat, tim GSI Lampung bisa menjadi juara 1.

“Pelatih kita ini sangat bagus dan sangat percaya diri, siapa pun lawan yang akan dihadapi, dia selalu memberikan support dan semangat para pemain agar enjoy dan happy dalam setiap pertandingan. Dan hasilnya di semua pertandingan anak-anak kita selalu memberikan yang terbaik,” imbuhnya.

Selain dari pada itu, penjaga gawang juga menjadi faktor penting dalam setiap pertandingan.

“Penjaga gawang kita juga bermain sangat bagus, padahal awalnya Tim official sedikit ragu karena saat seleksi pemain, ternyata saat pertandingan dia menunjukkan performa yang sangat bagus dengan berhasil mengamankan gawang dari serangan lawan di semua pertandingan. Untuk itulah, dia layak terpilih menjadi penjaga gawang terbaik dengan sedikit kebobolan di seluruh pertandingan,” ungkapnya.

Selain menjadi juara umum tingkat Nasional, kata Sukisno, Lampung juga menyabet dua gelar lainnya yaitu penjaga gawang terbaik dan juga pelatih muda terbaik.

“Dalam ajang GSI jenjang SMP tahun 2023 ini, selain menjadi juara umum, kita juga meraih predikat penjaga gawang terbaik dan pelatih muda terbaik. Sebetulnya, ada salah satu pemain gelandang kita yang masuk nominasi menjadi pemain terbaik tapi karena hukuman akumulasi kartu kuning sehingga di partai final tidak bisa bermain,” ujar Sukisno yang juga manager dari Tim GSI Lampung.

Sukis berharap ada perhatian dari dinas terkait, mengingat banyak ajang yang akan di ikuti oleh Lampung Tengah kedepannya.

“Setelah ini Lampung Tengah akan mengikuti piala Suratin usia 15 tapi jadwalnya belum di tentukan, apakah di bulan Desember atau setelah pemilu. Seharusnya, kita mendapatkan perhatian dari Dinas Pendidikan Provinsi Lampung atau pun Dispora karena selama ini kita berjalan dengan keterbatasan anggaran,” tutupnya. (*)

LAINNYA