Elya Luciana Loekman: Makan Ikan Solusi Penanganan Permasalahan Gizi dan Perkuat Kemandirian Ekonomi

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Pemperingati Hari Nusantara yang ke-18 dan Hari Ikan Nasional  (Harkanas) yang ke-5 tahun 2018, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lampung Tengah menggelar Lomba Aneka Makanan dari bahan dasar Ikan di halaman dinas perikanan dan kelautan Rabu (21/11/ 2018).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto didampingi Ketua Porikan Lampung Tengah Obu Hj.Elya Luciana Loekman,Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Usman Nahrowi, dan beberapa ekpala dinas,camat se lampung tengah, dan ratusan peserta lomba.

Ketua Forikan Kabupaten Lampung Tengah Hj. Elya Luciana Loekman mengatakan, bahwa dalam peringatan Harkannas ini, diharapkan dapat memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif, dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat. Untuk menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi masyarakat.

Kata Elya, dengan mengkonsumsi ikan maka kita akan mewujudkan nawacita yang mampu memperkuat kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. “Terutama sektor kelautan dan perikanan yang dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional,” terangnya.

Lebih Lanjut, dikatakan Elya, Harkannas merupakan salah satu wujud gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) dalam rangka terus mendorong peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat.

Oleh karna itu, ditegaskan Elya, melalui inovasi menu masakan serba ikan, diharapkan tumbuh berbagai inovasi tekhnik pengolahan hasil laut yang enak dan gampang. Sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi Ikan

Selain  itu, Ibu Elya Luciana Loekman berpesan agar penyajian makanan seperti ini tidak hanya disajikan disaat lomba. Namun akan sangat lebih baik disajikan dalam keseharian dalam menyajikan makanan untuk keluarga mengingat dalam proses membuat makanan dengan bahan dasar ikan ini, tidak menyita waktu yang terlalu lama.

  Bawaslu Lamteng Tutup Mata Adanya Pelanggaran Pilkada

Sementara itu, Bupati Lampung tengah Loekman Djoyosoemarto dalam arahannya mengatakan peringatan Harkarnnas merupakan momentum bagi pemerintah untuk mengingatkan dan menghentak kesadaran Masyarakat tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan.

Menurut Bupati Salah satu tujuan peringatan Harkannas adalah untuk mempromosikan hasil-hasil kelautan dan perikanan domestik. Selain itu, juga meningkatkan konsumsi ikan sebagai bentuk kesejahteraan masyarakat.

Loekman mengajak kepada seluruh warga ,asyarakat kabupaten lampung tengah  Ayo makan ikan setiap hari yang akan. Membuat badan kita sehat, kuat dan beromega.

Loekman menambahkan, potensi perikanan di Lampung Tengah sangat luar biasa, yaitu terutama perikanan air tawar. Bahkan saat ini di Kabupaten Lampung Tengah sedang mengembangbiakan ikan baung dan ikan jelabat,” terangnya.  (Intai).

Baca Juga

LAINNYA