Ketua DPRD Kota Metro Sikapi Keluhan Petani Padi Terkait Anjloknya Harga Gabah dan Hama

INTAILAMPUNG.COM – Sebagai Wakil Rakyat yang peduli akan nasib para petani, Ketua DPRD Kota Metro merespon cepat keluhan para petani padi terhadap kondisi anjloknya harga gabah dan kondisi hama tikus sawah.

Ketua DPRD Metro Tondi MG Nasution mengatakan, bahwa pihaknya akan melakkukan koordinasi kepada instansi terkait, guna mengatasi kondisi keluhan petani.

“Untuk masalah ini, Komisi terkait sudah saya perintahkan untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Metro, agar menindaklanjuti keluhan para petani padi tersebut,” jelasnya, Jumat (6/11/2020).

Sebagai informasi, para petani beberapa hari lalu, mengeluhkan bahwa pada panen padi masa gadu tahap ke-3 tahun 2020 ini, harga gabah dipasaran, mengalami penurunan dari sekitar Rp 4.000 – 4.200, kini hanya Rp 3.500 – 3.700 perkilonya.

Kemudian Hama Tikus sawah, juga menjadi ancaman, yang ikut menambah beban para petani, yang menyebabkan hasil panen petani padi menurun drastis.

Bahkan kualitas padi para petani, pada masa panen gadu tahap ke-3 ini, juga tidak sebagus panen-panen yang lalu, dimana kondisi gabah kering, jika digiling, per 100 kgnya, hanya menghasilkan beras sebanyak 40-45 kg. (wan/intai).

Baca Juga

LAINNYA