Cegah Banjir dan DBD, Warga Tanjung Baru Kembali Laksanakan Gotong Royong

INTAILAMPUNG.COM – Di musim hujan saat ini, warga mulai melakukan antisipasi terjadinya banjir dan peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD). Salah satunya dengan melakukan gotong-royong membersihkan lingkungan.

Seperti yang dilakukan warga di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan, lewat program Tanjung Baru Bersama, warga fokus membersihkan parit atau drainase serta sampah dijalan dlingkungan tempat tinggal warga.

Tak hanya itu, sebagian warga juga bergotong royong melakukan penimpunan sabes dijalan yang rusak.

“Minggu ini kami inisiatif denggan menggerakkan warga lingkungan untuk bersama-sama membersihkan parit lingkungan kami agar air tetap bisa mengalir dan parit bersih,” kata Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf, Minggu (21/10/2023).

Baca Juga

Helmi juga melakukan road show ke sejumlah Dusun memantau gotong royong warga. Ia juga tak sungkan memegang peralatan untuk ikut bergotong royong.

Meski hanya menggunakan alat seadanya, seperti sapu, parang dan cangkul, warga terlihat antusias untuk membersihkan saluran air serta sampah dijalan.

“Kegiatan gotong royong ini bukan yang pertama, sejak September kemarin kami sudah mulai galakkan program Tanjung Baru Bersama. Tepatnya saat curah hujan mulai mengkhawatirkan,” ungkap Helmi.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga membantu pemerintah dalam penanganan dampak banjir. “Karena pemkab Lampung Selatan sudah berbuat mengantisipasinya, tidak hanya dengan melakukan pengerukan dan normalisasi sungai akan tetapi juga mengajak warga untuk membantu juga. paling tidak membersihkan lingkungan sendiri,” ucapnya.(*)

Laporan : Sony Fauzi
Editor : Ibrahim Hayat

LAINNYA