Manfaatkan Lahan Kosong, Pemdes Tanjung Baru Ajak Warga Tanam Sayur dan Buah

INTAILAMPUNG.COM – Guna menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan elok, Pemerintah Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan melakukan kegiatan penanaman apotik hidup dan sayuran di area kantor desa dan permukiman warga.

Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf menyampaikan penanaman apotik hidup ke berbagai tempat itu ditujukan agar lahan kosong di wilayahnya terisi dengan tanaman obat.

“Kami menyadari betapa pentingnya keberadaan jenis tanaman obat yang di tanam di lahan kosong di kantor desa ini,” kata Helmi Yusuf, Senin (13/02/2023).

Menurut dia, pemanfaatan lahan kosong itu juga untuk menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang merupakan aspek penting dalam mendukung terciptanya lingkungan yang asri, sehat dan nyaman.

Baca Juga

Selain dapat memberikan manfaat kesehatan dan estetika, RTH di lingkungan juga dapat bermanfaat sebagai sarana edukasi tentang pentingnya penghijauan di lingkungan.

“Banyak manfaat tanaman apotik hidup, selain dapat dinikmati keindahannya dan untuk penghijauan lingkungan, ternyata tanaman ini bisa dijadikan obat untuk warga yang membutuhkan,” imbuhnya.

Masing-masing warga menanam tanaman obat. Kedepannya, lanjut Helmi, mereka pula yang akan merawat dan dapat memanennya.

“Jenis tanaman yang kita tanam seperti, siri, kunyit, lengkuas, daun salam, jahe merah, jeruk nipis, jeruk purut, kumis kucing buah pala, dan lainnya,” bebernya.

Disaat bersamaan, Ketua TP PKK Tanjung Baru, Awang Andriani menuturkan tak hanya apotik hidup yang ditanam dilahan kosong. Berbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran juga ditanam ibu -ibu PKK dalam rangka mencukupi kebutuhan ekonomi dan pemenuhan gizi keluarga.

Hal ini juga dilakukan guna memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki warga agar dalam waktu tertentu tidak ada lagi rumput yang tidak bermanfaat bisa tumbuh.

  Dugaan KDRT, Kades Merbau Mataram di Polisikan Oleh Istrinya Sendiri

Dirinya mengajak seluruh kader untuk menanam berbagai jenis sayuran seperti, bayam, kangkung, sawi, dan cabe. Sedangkan untuk buah dapat dilakukan dengan menanam jambu biji, kelengkeng, mangga, dan rambutan dan pepaya.

“Ayo manfaatkan lahan yang ada dipekarangan kita dengan menanam apotik hidup dan buah-buahan,” ajaknya.(*)

Laporan: Sony Fauzi
Editor: Ibrahim Hayat

LAINNYA