Peringati Hari Desa ASRI Nusantara, Ini Yang Dilakukan Pemdes Tanjung Baru

INTAILAMPUNG.COM Pemerintah Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan melaksanakan peringatan Hari Desa ASRI Nusantara tahun 2023 dengan gerakan penanaman 100 pohon diseluruh dusun, Senin (20/03/2023) pagi.

Penanaman 100 pohon diawali oleh Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf dilanjutkan Ketua TP PKK Tanjung Baru, Awang Andriyani, lalu oleh para Kepala Dusun, ibu-ibu kader PKK dan warga.

Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf menuturkan penanaman 100 pohon ini sesuai dengan tema Hari Desa ASRI Nusantara 2023 yaitu “Desa Menghijaukan Dunia” dan selaras dengan tema Desa Tanjung Baru yakni “Desaku Ramah Desaku Teduh”

Helmi Yusuf menjelaskan Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang Aman, Sehat, Rindang, Indah (ASRI).

Baca Juga

Untuk menuju Desa ASRI itu sendiri dilakukan upaya menjaga kelestarian alam, terutama menanam pepohonan yang memiliki banyak fungsi di antaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi erologis.

Dirinya menyebut, peringatan itu juga memiliki beberapa tujuan diantaranya, meningkatkan kepedulian warga terhadap perubahan iklim sesuai dengan SDGs poin 13 yaitu Desa Tanggap Perubahan Iklim, mewujudkan desa asri, bersih, dan jauh dari pencemaran lingkungan, serta mengurangi resiko bencana di desa.

Oleh karenanya, 100 pohon ditargetkan Pemdes Tanjung Baru untuk ditanam diseluruh dusun, dan untuk jenis tanaman yang ditanam diutamakan tanaman buah.

“Jadi memang kita targetkan untuk menanam 100 pohon, untuk jenis pohon beragam, namun diutamakan pohon buah seperti Alpukat, jambu, durian, duku, nangka, rambutan, mangga dan lainya,” tutupnya.(*)

Laporan: Sopian LNMS
Editor: Ibrahim Hayat

LAINNYA