Rehabilitasi Pustu Tanjung Baru Dikebut

INTAILAMPUNG.COM – Garapan perbaikan puskesmas pembantu (pustu) Tanjung Baru di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan terus dikebut. Menyusul, akan adanya bidan desa yang akan berjaga di pustu dalam waktu dekat.

Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf mengatakan, sejauh ini progres perbaikan pustu ini sudah memasuki 60-70 persen. Pihaknya optimistis pengerjaan rehab ini bisa rampung sesuai jadwal. Yakni, pada akhir bulan ini.

’’Alhamdulillah, progresnya rata-rata sudah 60-70 persen. Cuacanya juga stabil, jadi tukang bisa mempercepat pengerjaan,’’ kata Helmi Yusuf, Kamis, (04/05/2023).

Masih kata Helmi, difokuskan pengerjaan rehabilitasi pada bagian dapur dan halaman, bukan untuk penambahan bangunan baru. Adapun rehabilitasi ini dilakukan untuk memperluas segi pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca Juga

Selain itu juga dilakukan penyekatan untuk mencegah air masuk bangunan saat hujan turun, “Kemarin kita lihat saat hujan turun air sampai masuk kedalam pustu, jadi nanti juga kita buatkan pembatas agar air hujan tidak sampai masuk bangunan,” terangnya.

Helmi menjelaskan, untuk rehabilitasi tersebut dilaksanakan oleh Pokmas sebagai tim pelaksana kegiatan. Pihaknya hanya bersifat me-monitoring progres rehab pustu tersebut.

Pantauan dilokasi pada Kamis 4 Mei 2023 sekitar pukul 11:00 WIB, tampak sejumlah tukang sedang merapikan bagian belakang bangunan, sebagian lainya menata halaman yang memang kontur tanahnya bergelombang untuk diratakan.(*)

Laporan: Sopian LNMS
Editor: Ibrahim Hayat

LAINNYA