BKPSDM Tanggamus Informasikan Belum Ada Rekrutmen PPPK Gelombang Kedua

Ket, Foto: Sekretaris BKPSDM Tanggamus Bambang Probo Sampurno. 

INTAILAMPUNG.COM – Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanggamus Bambang Probo Sampurno mengungkapkan belum mengetahui jadwal seleksi rekruitmen calon aparatur sipil Negara (CASN) baik itu CPNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) gelombang kedua.

“Memang banyak yang bertanya, tapi kepastiannya kami masih belum tahu.Informasinya, belum ada keputusan dari Pemerintah mengenai formasi maupun regulasi menyangkut rekruitmen,” ujar Bambang Probo Sampurno, kamis (20/6).

Dijelaskan dia, hingga saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) belum memberikan informasi apapun terkait rekruitmen CASN.

Baca Juga

“Bidang mutasi kemarin rakor di Jakarta,tapi sampai balik lagi tidak ada informasinya,” ungkapnya.

Sembari menunggu jadwal rekruitmen dari Kemenpan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Badan pengelola keuangan dan aset daerah (BPKAD) dan Badan perencanaan pembangunan riset dan inovasi daerah (Bapperida) Tanggamus untuk menyusun kebutuhan formasi PPPK berdasarkan analisis beban kerja (ABK).

Menurut Bambang Probo, metode kolaboratif lintas satker sangat penting untuk menentukan kebutuhan formasi PPPK yang akan diusulkan ke Kemenpan.

“Kita tidak bisa serta merta asal-asalan dalam mengusulkan formasi PPPK. Harus menyesuaikan ABK dan kemampuan daerah. Kita kolaboratif dengan Bapperida, Keuangan dan melibatkan bantuan berbagai pihak,” jelas Bambang Probo.

Adapun terkait UU nomor 20 tahun 2023 tentang ASN yang menegaskan tenaga honorer akan diangkat menjadi calon aparatur sipil Negara CASN) baik itu PNS atau PPPK hingga akhir 2024, dirinya mengatakan bahwa hal itu merupakan kabar baik bagi tenaga honorer di Kabupaten Tanggamus.

Namun, dia menekankan untuk merealisasikan program dalam UU tersebut merupakan wewenang Pemerintah.

Pemkab Tanggamus, kata Bambang Probo hanya mendukung langkah apapun yang akan diterapkan Pemerintah soal kebijakan pengangkatan tenaga honorer.

  Surya Paloh Restui Kurnain Jadi Yang Kedua Untuk Dewi, Semoga Langgeng

“Pemerintah tentu memiliki perhitungan sendiri. Bagaimana mekanisme dan regulasinya merupakan wewenang Pemerintah. Pemkab Tanggamus siap menjalankan apapun yang diinstruksikan,” tegasnya.

Dirinya pun berharap agar semua tenaga honorer yang ada di Kabupaten Tanggamus pada tahun ini dapat diangkat menjadi CASN.

“Saya doakan yang terbaik untuk teman-teman honorer. Saya berharap agar kalian semua diangkat menjadi PNS ataupun PPPK,” harap Bambang Probo. (Denny).

LAINNYA