Mau Kuliah Lihat Disini ! 85 PTN Buka Pendaftaran

Intailampung.com — Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2018, resmi dibuka dalam tiga jalur.

Jadwal tersebut akan berlangsung selama dua minggu mulai Rabu 21 Februari 2018 hingga 6 Maret 2018.

Penerimaan melalui jalur SNMPTN, yaitu seleksi yang difokuskan berdasar prestasi dan portfolio calon mahasiswa.

Baca Juga

Sedangkan SBMPTN, difokuskan pada seleksi hasil ujian tertulis dengan memanfaatkan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sementara Seleksi Mandiri, difokuskan pada seleksi yang telah diatur oleh masing-masing PTN serta bisa memanfaatkan nilau hasil SBMPTN.

Siswa SMA, SMK dan MA yang telah melakukan pengisian nilai rapot serta memverifikasinya di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dapat mengikuti seleksi ini.

Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Ketentuan mengenai prestasi tersebut merujuk pada nilai rapot siswa.

Penjelasan lebih lanjut mengenai nilai itu antara lain jika akreditasi sekolah adalah A maka siswa yan akan direkomendasikan masuk PTN adalah 50% terbaik di sekolahnya.

Jika akreditasi sekolah adalah B maka siswa yang akan direkomendasikan masuk PTN adalah 30% terbaik di sekolahnya.

Jika akreditasi sekolah adalah C maka siswa yang akan direkomendasikan masuk PTN adalah 10% terbaik di sekolahnya.

Jika sekolah belum mendapatkan akreditasi maka siswa yang akan direkomendasikan masuk PTN adalah 5% terbaik di sekolahnya.

Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh Panitia Pusat berdasarkan data PDSS.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018, Ravik Karsidi mengatakan, SNMPTN merupakan seleksi penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi panitia pusat.

Tak hanya itu, SNMPTN dilaksanakan serentak di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

  Ngabalin Serukan Emak-emak Perangi Hoaks dan Fitnah Terhadap Jokowi

Pemerintah sudah menanggung biaya pelaksanaan SNMPTN. Oleh karena itu peserta seleksi tidak harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Adapun Cara Pendaftaran SNMPTN sebagai berikut.

Saat melakukan pendaftaran kamu harus menggunakan NISN dan password untuk login ke laman SNMPTN 2018.

Setelah itu, siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Jangan lupa, pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari lamandannbsp;http://www.snmptn.ac.id.

Langkah terakhir, pendaftar harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sekolah atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Apabila memilih dua PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan asal SMA/MA/SMK, apabila memilih satu PTN, pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.dannbsp;

Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2018 dapat dilihat pada lamandannbsp;http://www.snmptn.ac.iddannbsp;selama periode pendaftaran.

Persyaratan Siswa Pendaftar

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester satu sampai semester lima.

  KORAN SINDO Masuk Daftar Surat Kabar Berbahasa Indonesia Terbaik

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.

Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.

Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru. (Info-intai).
dannbsp;
dannbsp;

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *