DPRD Desak Pemprov Benahi Drainase dan DAS

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Lampung, Ikhwan Fadil Ibrahim. (Foto: ist)

Bandar Lampung, INTAILAMPUNG.COM – Ketua Komisi III, Ikhwan Fadil Ibrahim angkat bicara mengenai bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Lampung. Pihaknya meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat melakukan pembenahan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan drainase.

Menurut dia, pembenahan ini harus segera dilakukan oleh pihak Pemprov. Sebab, untuk menampung curah hujan yang kian meningkat, perlu dibuatkan DAS. Sehingga, luapan air hujan dalam suatu kawasan, dapat dibatasi oleh satu tititik tinggi.

“Jadi DAS itu dapat mengalirkan air hujan yang jatuh di atasnya melalui sungai,” kata politikus Gerindra ini, Senin (12/3/2018) malam.

Baca Juga

Soal drainase, ia menyatakan, juga harus menjadi perhatian khusus bagi Pemprov Lampung. “Seperti di Bandar Lampung ini. Banjir atau terjadinya genangan di suatu kawasan pemukiman atau perkotaan masih banyak terjadi. Bahkan di Lamteng juga, banjir terjadi di wilayah dataran rendah saja,” ujarnya.

Sistem jaringan drainase dalam suatu kawasan, dijelaskan Ikhwan, seharusnya sudah dirancang untuk dapat menampung debit air normal. Terlebih saat intensifitas hujan meningkat.

Perhitungan kapasitas saluran drainase yang tepat, sangat berpengaruh terhadap terjadinya potensi banjir.

“Artinya ini solusi terbaik. Jadi kalau tidak dibenahi dari sekarang, maka akan banjir lagi. Ini tanggungjawab Provinsi dan Pusat,” selorohnya.

“Hal itu dilhat dari bentuk program. Jika, itu drainase ya tentu merupahkan kewenangan dari Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pengairan dan Pemukiman. Sedangkan Pemerintah Pusat, melalui Kementrian Kehutanan. Ya kalau hutan gundul itu kewenangan pusat,” tambahnya.

Untuk mengatasi banjir, diperlukan penanganan secara cepat dan tepat dari Pemerintah setempat. “Maka dari itu hal ini perlu ditanggapi oleh serius dengan Gubenur, sehinga jangan ada korban, pemerintah setempat baru sibuk. Jadi jangan kita baru tanggap saat sudah jatuh korban. Ayo, Gubenur perlu menindaklanjutinya, harus seperti Presiden Jokowi, kerja-kerja dan cepat,” tutup dia. (bbm)

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *