Ayo Saatnya Masyarakat Lampung Konsumsi Makanan Sehat Dengan Beras Singkong

Lampung Tengah, Intailampung.com — Ayo saatnya masyarakat Lampung konsumsi makanan sehat. Yakni makanan inovasi pangan olahan dari bahan baku singkong dan jagung. Yang diolah menjadi Beras Sehatku, Beras Tiwulku dan Beras Sigerku.

Tiga produk makanan sehat ini, merupakan hasil inovasi pengembangan Balai Besar Teknologi Pati, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (B2TP-BPPT/Technopark Lampung Tengah), yang kemudian di produksi oleh PT Indo Metro Surya Andola, Jalan Sutan Syahrir Tejoagung, Merto Timur, Kota Merto, Lampung.

Marketing PT Indo Metro Surya Andola Dewi Sartika, SE., mengatakan, bahwa tiga inovasi produk Beras Sehatku, Beras Tiwulku dan Beras Sigerku, berbahan baku singkong dan jagung dan sehat untuk dikonsumsi.

“Tiga produk makanan sehat ini, baik bagi penderita diabetes dan cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan (diet),” terangnya.

Untuk varian Beras Sehatku berasal dari bahan baku dari campuran singkong dan jagung. “Jadi jagunggnya sekitar 70 persen 20 persennya singkong 10 persen tepung aci (Tapioka),” jelasnya.

Beras Sehatku, memiliki nilai gizi yang tidak jauh berbeda dengan beras padi. Selain itu, beras ini mempunyai nilai indek glikemik yang relatif lebih rendah di banding beras padi.dannbsp;

“Dengan demikian beras tersebut sangat dianjurkan untuk di konsumsi masyarakat yang menginginkan pola makanan sehat, dan juga bagi penderita diabetes dan obesitas,” bebernya.

Beras tersebut juga memiliki bentuk rasa yang menyerupai beras padi. Sehingga tidak perlu mengubah pola konsumsinya. Karena cara mengkonsumsi beras sama seperti beras padi.

Sementara untuk Beras Sigerku diolah dari bahan baku singkong Segar, yang ditepungkan dan dicetak dengan teknologi ekstrusi, sehingga menghasilkan produk yang memiliki tekstur, densitas dan sifat-sifat serupa beras padi.dannbsp;

  Tol Ngawi - Kertosono Sudah 99 Persen

Sedangkan untuk Beras Tiwulku, diolah dari bahan baku gaplek yang ditepungkan dan dicetak dengan teknologi ekstruksi sehingga menghasilkan produk yang memiliki tekstur, densitas dan sifat-sifat serupa dengan beras padi.

Keunggulan produk Beras Sigerku dan Beras Tiwulku

1. Beras Sigerku/Beras Tiwulkudannbsp;memiliki kandungan karbohidrat (energi) yang setara dengan beras padi. Sehingga asupan energi tetap tercukupi dengan mengkonsumsi Beras Sigerku dengan porsi yang sama dengan beras padi.

2. Beras Sigerku/Beras Tiwulkudannbsp;lebih kaya serat dibandingkan beras padi, sehingga dapat bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan.

3. Beras Sigerku/Beras Tiwulkudannbsp;aman untuk dikonsumsi, karena diolah tanpa bahan pengawet, pewarna dan penyedap.

4. Beras Sigerku/Beras Tiwulkudannbsp;praktis dalam pemasakan dan memiliki bentuk dan rasa yang menyerupai beras padi, sehingga dapat memenuhi selera konsumen.

Informasi Cara Penyajian/Memasak

Memasak dengan cara dikukus, proses pertama rendam beras sehatku, selama 10 menit, lalu tiriskan kemudian kukus selama kurang lebih 45 menit dan nasi siap disajikan.dannbsp;

Langkah keduadannbsp;memasak dengan rice cooker,dannbsp;pertama takar beras sehatku, sebanyak dua gelas cuci dan tiriskan. Kemudian masukkan air sebanyak satu gelas, kemudian tekan tombol cook. Masak hingga indikator lampu warna merah menyalah, kemudian diaduk rata, tunggu hingga matang dan nasi siap disajikan.

Untuk informasi pemesanan, atau informasi seputar produk, anda bisa menghubungi marketing pemasaran, Dewi Sartika, 0823-8352-5660/Suci Mulyadi, 0823-7921-3126. (Intai).

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *