Jadi Sorotan, DPRD Minta Pengelolaan dan Sosialisasi Rusunawa Iringmulyo Kota Metro Ditingkatkan

METRO, INTAILAMPUNG.COM – Pengelolaan dan pemanfaatan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Iringmulyo Kota Metro menuai sorotan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro. Hal ini lantaran, jumlah penghuni rusunawa belum maksimal

Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki, S.Pd., mengatakan, bahwa selama ini kontribusi pendapatan Rusunawa masuk ke Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kota Metro.

“Selama ini perbaikan kan menggunakan dana APBN. Karena itu, milik pusat. Tapi kontribusi pendapatan dari Rusunawa sudah milik Kota Metro,” ujar Basuki, Jum’at (15/3/2019).

Ia mengaku, sampai saat ini belum pernah mendapatkan laporan dari dinas terkait, tentang berapa kontribusi PAD dari Rusunawa Metro.

Baca Juga

Untuk itu, Basuki meminta, pihak rusunawa maupun pihak terkait untuk bisa mensosialisasikan lagi keberadaan Rusunawa agar bisa ditempati oleh warga asli Kota Metro.

“Bagaimana caranya bisa terisi lagi. Karena penghuninya baru separuh. Sehingga diperlukan sosialisasi lagi, untuk menggiring penghuni baru,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Rusunawa Iringmulyo, Santi menyebutkan, terdapat sekitar 192 ruang di Rusunawa ini, namun hanya 98 ruang yang sudah berpenghuni.

Kata Santi, penghuni Rusunawa diberikan fasilitas berupa air dan listrik.  Untuk persoalan uang sewa, kita langsung setorkan ke kas daerah.

“Iya uang sewa ini masuk ke kas daerah. Jadi kita terima langsung kita setorkan ke daerah. Kalau untuk pemeliharaan dan biaya operasional, kita dibiayai oleh Dinas Perumahan dan Permukiman. Kan kita menginduk ke sana. Kita tidak mengelola anggaran,” jelas Santi. (iwn/intai).

LAINNYA