Sinergikan Program Pembangunan, DPRD Serap Aspirasi Masrakat Dari Pelosok Kampung Hingga Pusat Kota

METRO, INTAILAMPUNG.COM – Dukung program pembangunan Pemerintah Kota Metro, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro jaring aspirasi masyarakat dari pelosok kampung hingga pusat kota.

Hal tersebut dilakukan guna mewujudkan kota metro yang bersinergi dan mengefektifkan pelaksanaan program pembangunan yang ada di Kota Metro.

“Untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan program pembangunan Bumi Sai Wawai, Pemkot perlu melakukan inovasi program dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Penyusunan program pembangunan pun harus mengedepankan aspirasi masyarakat,” ucap Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda. Rabu (22/5/2019).

Dengan adanya penjaringan aspirasi ini, DPRD akan terus menyaring aspirasi masyarakat dalam setiap usulan pembangunan. “Baik itu masyarakat di pelosok kelurahan mau pun di pusat kota,” jelasnya,

Untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, kata Anna, dibutuhkan sinergi dan koordinasi antara pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat.

“Daerah yang maju itu di atas 11 persen. Satu daerah itu yang pertama adalah aman yang kemudian ekonominya harus bergerak dan tumbuh. Serta keberanian pemerintah dan masyarakat dalam merencanakan dan merealisasikan pembangunan,” terangnya.

Anna juga mengapresiasi langkah pemkot, dalam menerapkan program-program andalan, seperti program Kota Kawasan Kumuh (Kotaku).“Perlahan tapi pasti, program Kotaku mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Nah, program seperti inilah yang menjadi inovasi pemerintah daerah dalam menerapkan program pembangunan di bidang apa pun,” terangnya.

Hal senada disampaikan, Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution. Menurut dia, setiap program pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah harus benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat.

“Contoh dalam bidang pendidikan, pemerintah daerah harus berani mengambil program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, khususnya tenaga pendidik dan peserta didik,” kata Tondi.

  Walikota Achmad Pairin Hadiri Peringatan Hari Pangan Sedunia 2018 di Kota Metro

Dalam pencapaiannya, pemerintah bisa merealisasikan program bantuan pendidikan kepada peserta didik dari kalangan kurang mampu.

“Penerapannya untuk membantu siswa-siswi yang kurang mampu. Seperti bantuan perlengkapan sekolah yang dibutuhkan hingga beasiswa siswa-siswi kurang mampu berprestasi,” terangnya.

Dengan begitu, program pendidikan  di Kota Metro akan berjalan sesuai dengan visi misi sebagai Kota Pendidikan.

“Semoga progam yang sudah dijalankan Pemerintah Kota selama ini benar-benar membantu siswa-siswi yang kurang mampu. Sehingga, mereka dapat terus bersekolah ketingkat universitas dan bisa meraih cita-cita nya,” harapnya. (iwn/intai).

Baca Juga

LAINNYA