Pedagang Minta DPRD Bisa Memperjuangkan Nasib Pemilik Kios di Shoping Center

METRO, INTAILAMPUNG.COMDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro menggelar rapat denger pendapat (rdp) bersama perwakilan pedagang terkait rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melakukan peremajaan pembangunan Shoping Center.

Perinsipnya, pedagang mendukung Pemkot Metro dalam peremajaan pembangunan Shoping Center. Namun para pemilik kios di Shoping Center meminta berdialog terlebih dahulu bersama Pemkot Metro.

“Kami minta dimanusiakan, karena tiba-tiba tanpa dialog surat datang meminta kami meninggalkan Shoping tanpa ada tempat penampungannya,” ucap Gunawan Penasehat Himpunan Persauadaraan Pertokoan Shoping, Senin (15/7/2019).

Kata Gunawan, pedagang mengharapkan DPRD mendukung agar para pemilik kios di Shoping masih bisa mendapatkan tempat kembali, namun dengan harga layak.

“Kami minta diajak dialog renacana Pemkot Metro meremajakan pasar tersebut. Lalu jangan juga seorang bapak mengusir anaknya tanpa diberikan tempat,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampikan Ketua Perhimpunan Persaudaraan Pertokoan Sutan Fahri. Pihaknya, meminta DPRD agar surat tersebut untuk dicabut kembali. “Kalau kami di Shoping sudah tidak layak lagi, kami sudah memanggil konsultan dari UMM dan hasilnya bangunanya masih bisa digunakan hingga 15 tahun kedepan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Leo Hutabarat menuturkan, bahwa bangunan sudah tua dan berumur 38 tahun. Dikhawatirkan jika tidak dibangun kembali maka dapat rubuh dan menimpah pedagang. Memgapa pemkot tidak menyiapkan lokasi penampungan, dicontohkannya di pasar Cenderawasi untuk memindahkan penampungan saja memakan waktu hingga 7 tahun lamanya.

Terkait dengan solusinya, DPRD akan menggelar rapat kembali bersama dinas pasar dan dinas terkait lainnya. “Nanti hasilnya gimana setelah melalui hasil rapat. Jadi dewan belum bisa memutuskannya,”ucap Ketau DPRD Anna Morinda.

Dikatakannya, nantinya hasil rapat ini sebagai masukan. “Intinya repitalisasi pasar akan tetap bisa menampung para pedagang , namun dengan harga beli kios yang murah,” tuturnya.

  Walikota Metro Pertahankan Lahan Pertanian

Di Dewan para pedagang disambut hangat Ketua DPRD Anna Morinda, Ketua Komisi II Tondi Nasution, Ketua Komisi I Basuki serta para anggota lainnya. (iwn/intai).

Baca Juga

LAINNYA