Pemkot Metro Peringati HKN Ke-55 dan Hari Diabetes Sedunia

Metro, INTAILAMPUNG.COM – Pemerintah Kota Metro memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55, yang ditandai dengan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dan Hari Diabetes Sedunia tahun 2019, yang berlangsung di Lapangan Samber Kota Metro, Jumat (15/11/19).

Acara ini di hadiri Direktur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI, Kepala Bappenas, Country Director of SNV Indonesia, Direktur Eksekutif AKOPSI, Wakil Walikota, perwakilan Gubernur Provinsi Lampung, para Staf Ahli dan Asisten, Kepala OPD, Ketua PKK Kota Metro, Kepala Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas Se-Kota Metro.

Dalam sambutan Walikota Metro Achmad Pairin, mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Kementrian Kesahatan Nasional. Hari kesehatan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Kota Metro untuk memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

“Adapun tema HKN yang ke 55 ini yaitu Generasi Sehat Indonesia Unggul. Untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat, maka Kementerian Kesehatan RI melaksanakan program kesehatan lingkungan salah satu dari program kesehatan lingkungan adalah 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat,” ujar Pairin.

Pairin memaparkan, bahwa ada 5 pilar dalam peringatan HKN 2019.  Yakni stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan rumah tangga, serta pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengolahan limbah cair rumah tangga.

“Sehingga harapannya, di 2020 kita bisa menjadi kota Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan mencapai tujuan nasional. Saya minta masyarakat harus ikut turut ambil bagian dalam peringatan HKN, guna mendukung pembangunan kesehatan serta mempertahankan hasil positif yang sudah dicapai,” tutup Pairin.

Sementara Mentri Kesehatan RI Imran Agus Nuralin, menyampaikan bahwa dari Deklarasi Open Defecation Free (ODF) mampu meningkatkan rasa nyaman tinggal di sebuah Kabupaten/Kota. Hal ini juga turut menyumbang menurunnya penyakit TBC dan stunting.

  Gelar Reses, Anggota DPRD Kota Metro Fraksi Demokrat Serap Aspirasi Masyarakat

“Untuk mewujudkan semua ini harus melibatkan semua pihak, yang termasuk dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diantaranya ada kegiatan ODF. Kemudian dalam deklarasi ini bukan hanya mengajak masyarkat, melaikan juga sebagai target diri kita sendiri,” ungkapnya.

Diakhir penyampaiannya, Imran Agus Nuralin juga mengapresiasi Kota metro yang teleh memberikan kebijakan mengenai sanitasi, dan meningkatkan SDM generasi unggul. ” Untuk itu salam STBM, Lebih Bersih, Lebih Sehat, 5 pilar yes yes yes,” tutupnya. (intai).

Baca Juga

LAINNYA