Normalisasi Sungai Solusi Pemkot Metro Atasi Banjir

INTAILAMPUNG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro segera normalisasi aliran anak sungai Way Bunut. Mengingat setiap tahun musim penghujan selalu terjadi banjir khususnya di wilayah Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat.

“Kita sudah tinjau lokasi dan lakukan pembahasan dalam menanggulangi banjir ini. Khusus di wilayah Hadimulyo, kita akan lakukan pengangkatan lumpur atau normalisasi aliran anak sungai Way Bunut,” terang Bangkit Haryo Utomo, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kota Metro, Jumat (17/1/2020).

Ia mengatakan, dilokasi anak sungai tersebut sudah sekitar 11-15 tahun belum pernah dilakukan pengangkatan lumpur. Kondisi ini menyebabkan sedimen sungai naik bahkan mencapai hingga 1 meter.

“Jika sedimen naik, maka muka air di sungai itu juga akan naik. Karena tidak memenuhi permukaan sungai, maka air meluap hingga ke lingkungan warga. Karena itu nanti kita akan lakukan pengangkatan lumpur,” terangnya.

Sementara itu, penanggulangan banjir juga akan dilakukan di lokasi sebelah SMA Yos Sudarso. Nantinya kita akan lakukan pelebaran jembatan. Mengingat kondisi saat ini lebar anak sungai 3 meter, namun jembatannya hanya 1 meter.

“Karena itu nanti rencananya akan dibangun jembatan baru yang disamakan dengan lebar anak sungai. Sehingga air bisa langsung mengalir ke saluran,” ungkapnya. (intai).

Baca Juga

LAINNYA