Pemkot Metro Rakor Bersama Gubernur Lampung Antisipasi Penyebaran Covid-19

INTAILAMPUNG.COM – Pemerintah Kota Metro gelar rapat koordinasi Pengendalian Pencegahan Covid-19, bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Secara teleconference di Operation Room Setda Kota Metro, Kamis (23/04/2020).

Gubernur lampung Arinal Djunaidi yang secara langsung memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Pencegahan Covid-19 tersebut, meminta ASN khususnya di Kota Metro agar tetap melaksanakan tugasnya yakni dengan bekerja dirumah.

“Saya memberikan instruksi kepada ASN untuk bekerja dari rumah yang diperpanjang sampai tanggal 13 Mei 2020. Saya juga minta para ASN tidak mudik atau pulang kampung, serta dapat mengatur jadwal piket untuk terus melayani masyarakat,” tegas Arinal.

Selain itu, Gubernur Lampung juga mengimbau agar masyarakat dapat menaati imbauan dari Majelis Ulama Indonesia, lebih baik mencegah dan mengikuti fatwa, maklumat agama masing-masing. “Semua kegiatan keagamaan jangan dilakukan secara berjamaah selama pandemi ini, laksanakan ibadah puasa maupun Idhul Fitri dirumah,” ucapnya.

Selain itu, Gubernur juga berharap agar dalam rangka pengumpulan zakat fitrah, infaq dan sodaqoh harus terlaksana. Namun tetap mengikuti aturan yakni dengan tidak kontak fisik secara langsung. Dalam kondisi ini, Provinsi Lampung telah menganggarkan pendanaan percepatan penanganan virus ini sebanyak Rp 246,4 M dan Kota Metro 46 M.

Dalam rapat, Sekda Kota Metro A. Nasir memaparkan beberapa hal mengenai kondisi wilayah di kota metro, mulai dari Orang Dengan Pengawasan (ODP) di Kota Metro, bantuan sembako kemensos dan antisipasi pemudik yang bisa menjadidampak buruk akan kondisi penyebaran Covid-19.

“Di Kota Metro jumlah ODP tercatat saat ini 13 orang. Ada 2 hal yang juga perlu diketahui terkait masalah jaring pengaman sosial tunai dari Kemensos, yakni bantuan sembako senilai Rp. 400.000,- serta perihal akan adanya banyak pemudik yang datang ke Lampung dengan jumlah sekitar 16.000 orang. Hal ini perlu di antisipasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” papar Sekda Kota Metro.

  Hasil Reses Wakil Ketua I DPRD Metro Terima Sejumlah Usulan Pembangunan

A.Nasir mengimbau agar selama bulan suci Ramadhan dapat menjalankan ibadah shalat di rumah. Karena kita bersama masih menghadapi pandemi Covid-19. Apabila perkumpulan dapat mengancam nyawa setidaknya kita bersama dapat mencegahnya dengan menghindari kerumunan dengan ibadah di rumah.

“Untuk kabupaten/kota dipersilakan mengisi kuota dari Kemenaker yaitu kartu prakerja, guna mendapatkan bantuan 600 ribu selama 4 bulan untuk masa pelatihan,” tutupnya. (intai).

Baca Juga

LAINNYA