DPRD Metro Desak Pemkot Segera Salurkan Bansos Ke Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

INTAILAMPUNG.COMDPRD Kota Metro mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Metro agar segera menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat. Hal ini mengingat sudah banyaknya masyarakat di Kota metro mengeluh akan kondisi dampak pandemi Covid-19.

Wakil Ketua I DPRD Kota Metro Anna Morinda mengatakan, bahwa dampak pandemi Covid-19 sudah sangat dirasakan masyarakat Kota Metro. Hal ini akibat masyarakat tidak bisa bekerja.

“Sudah banyak warga yang mengeluh. Tapi pemkot belum juga merealisasikan bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19. Kami DPRD mendorong pemkot segera merealisasikan dan menambah pagu anggaran bantuan itu,” ucapnya, Rabu (29/4/2020).

Akibat Covid-19, lanjut dia, banyak warga yang mengalami penurunan pendapatan. Itu yang menyebabkan warga kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Banyak warga terdampak Covid-19, seperti para buruh pabrik, pekerja toko, pekerja seni dan banyak lagi. Anggaran Rp4,4 miliar yang dipersiapkan pemkot tidak akan cukup mengcover semua itu. Makanya kami menyarankan anggaran bantuan Covid-19 ditambah,” terangnya.

Ia menilai, Pemkot Metro yang terkesan lambat dalam merealisasikan bantuans sosial untuk warga terdampak Covid-19.

“Apa lagi sampai hari ini bantuan sosial dari pemkot belum turun. Padahal, warga sudah merasa sangat kesulitan. Kalau untuk masyarakat jangan takut-takut, bismillah saja. Segera alokasikan karena masyarakat butuh bantuan ini,” tegasnya.

Saran penambahan anggaran pada bansos terdampak Covid-19 juga diperuntukkan guna membantu masyarakat pasca penyebaran virus berbahaya itu. Pasalnya, tidak diketahui sampai kapan cobaan ini berakhir.

”Jika dari anggaran Rp 46 miliar itu hanya Rp 4,4 miliar untuk bantuan pangan ke masyarakat, itu tidak akan cukup. Sementara anggaran belanja barang dan jasa seperti APD sangat besar jumlahnya. Ini tidak seimbang,” sesalnya.

Menuruntya, jumlah anggaran belanja APD dan penanganan pasien yang mencapai puluhan miliar itu terlalu fantastis.

  Pemprov Lampung Gelar OP, Wagub Bachtiar Berharap Beras Murah Ringankan Beban Warga Metro

“Belanja APD dan perawatan medis pasien PDP dan positif corona memang penting. Tapi yang lebih penting adalah dampak dari wabah ini. Banyak warga kehilangan pekerjaan karena harus tinggal di rumah saja. Makanya, anggaran untuk mengatasi krisis pangan akibat dampak virus ini juga harus diprioritaskan,” tegasnya.

Ia berharap, Pemkot Metro secepatnya melakukan distribusi bantuan sosial pangan kepada warga. “Kalau untuk rakyat, mari kita berjuang bersama-sama. Jangan takut bayangan asalkan itu untuk rakyat. Realisasikan secepatnya, bantu masyarakat kita,” tutupnya. (wan/intai).

Baca Juga

LAINNYA