Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemkot Metro Percepat Penanaman Jagung

INTAILAMPUNG.COM – Wujudkan ketahanan pangan usai menghadapi pandemi Covid-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melakukan percepatan penanaman tanaman jagung hibrida MT II 2020 melalui Kelompok Tani Laksana II.

Penanaman jagung dilakukan diareal persawahan Kelurahan Rejomulyo, Metro Selatan, Rabu, (24/6/2020).

“Hari ini kita lakukan percepatan tanam jagung di areal persawahan Kecamatan Metro Selatan dengan total luas lahan yang kita tanami jagung itu 1.310 hektare, dengan jenis benih Hibrida NK 212,” kata Wali Kota Metro Achmad Pairin.

Ia mengatakan jagung yang ditanami merupakan jenis terbaik yang diperoleh dari Dirjen Darat Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. “Dalam musim tanam jagung ini, kita mendapatkan bantuan dari Dirjen Darat Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Provinsi Lampung sebanyak 19,65 ton,” imbuh Pairin.

Dia juga menyampaikan, pemerintah akan berusaha untuk menjaga kestabilan harga jagung ketika musim panen tiba nanti. “Semoga dari jenis benih terbaik yang kita dapat, bisa meningkatkan harga jual saat panen. Untuk sementara harga jual jangung mencapai Rp3.700 per kilogram, saya harap bisa lebih dari itu,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Heri Wiratno menjelaskan, pada musim tanam kedua ini, luas sawah di Kota Metro sebanyak 2.980 hektare masing-masing 1.325 hektare ditanami padi dan sisanya 1.310 hektare ditanami jagung.

“Dari luas lahan yang ada 300 hektare akan ditanami palawija seperti cabai, bawang merah dan lainnya,” jelas Heri. Dia menambahkan, untuk saat ini di wilayah Kecamatan Metro Utara sudah mulai melakukan pengolahan tanah dan persemaian.

Dalam kondisi normal, jelas Heri, benih NK 212 dapat menghasilkan 8 ton. “Benih ini dalam kondisi cuaca yang baik dapat menghasilkan panen sebanyak 8 ton. Namun, dengan kondisi cuaca seperti sekarang kita menargetkan panen jagung 6 ton per hektare bisa tercapai,” jelasnya.

  Pemkot Metro Peringati Harganas Ke-27

Heri menambahkan, saat ini dukungan ketersediaan air, pupuk dan lainnya sudah siap dan tersedia.

Kegiatan percepatan penanaman tanaman jagung yang digelar Pemkot Metro berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan mengatur jarak, memakai masker, serta pengecekan suhu tubuh. (wan/intai)

Baca Juga

LAINNYA